Disdukcapil Sisir Warga Setiawargi

Rabu 06-07-2022,07:40 WIB
Editor : Andriansyah

KOTA TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM – Dinas Ke­pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya melakukan  Penyisiran Data dan Dokumen Kependudukan di Wilayah Kota Tasikmalaya (Siddakta), Selasa (5/7/2022) pagi. Kali ini, menyasar masyarakat di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari.

Kepala Disdukcapil Kota Tasikmalaya Dr Drs H Imih Misbahul Munir MSi menjelaskan, Siddakta merupakan suatu inovasi untuk menunjang dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang Administrasi Kependudukan. Siddakta dilaksanakan dengan cara petugas yang telah ditunjuk turun langsung ke lapangan dalam ruang lingkup kelurahan. “Sehingga masyarakat merasa diuntungkan atau dipermudah dalam hal kepemilikan dokumen kependudukan,” paparnya.

Imih mengatakan dokumen kependukan diistimewakan karena yang mendasari untuk semua urusan. Seperti untuk memperoleh akses pendikan, kesehatan, sosial, perekonomian atau akses politik. “Terkait akses politik, kita dua tahun lagi (menggelar Pemilu). Rasanya lama, padahal tidak, tahapan juga sudah dimulai. Makanya kami mencoba menyisir seluruh hak-hak rakyat (mendapat adminduk) untuk ikut pemilihan,” paparnya.

Imih mengatakan, Disdukcapil juga melayani semuanya, bahkan ada yang diistimewakan seperti ODGJ, disabilitas atau lansia dengan cara jemput bola. “Asalkan memberikan alamat mereka dengan jelas langsung kami datangi dan direkam di tempat,” paparnya.

Kata Imih, Siddakta tidak semuanya di Kota Tasimalaya, mengingat waktu. “Namun kita pilih mana yang masih banyak penduduk yang belum memiliki dokumen kependukan, baik perekaman KTP, KK, akta kelahiran hingga surat kematian,” paparnya.

BACA JUGA: Soal Utang Pemkot Tasik ke RSUD dr Soekardjo, Dinkes Akhirnya Angkat Bicara!

Imih menambahkan, program Siddakta dilakukan dari mulai Kelurahan Sukalaksana Kecamatan Bungursari pada 7-9 Februari 2022. Kelurahan Sukarindik Kecamatan Bungursari 14-16 Februari 2022. Kelurahan Sukajaya Kecamatan Purbaratu 7-9 Maret 2022. 

Kelurahan Margabakti Kecamatan Cibereum 6-8 Juni 2022. Kelurahan Setiaratu 20-22 Juni 2022. “Nah kali ini sasaran masyarakat yang ada di wilayah Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari dengan jumlah 196 orang. Itu terdiri pemula, ODGJ, lansia dan disabilitas yang dilakukan perekaman KTP,” paparnya.

Dikatannya, pelaksanaan kegiatan Siddakta di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari dari 4-6 Juli 2022. “Kita akan terus turun bertahap,” jelasnya.

Erni (36), masyarakat di Kelurahan Setiawargi mengaku senang hadirnya Disdukcapil Kota Tasikmalaya di tengah-tengah warga. “Jadi saya tidak usah datang ke Disdukcaapil Kota, karena sudah ada dekat dengan rumah. Jadi saya lebih cepat bikin KK lagi,” papar warga Kampung Batia RT 001/012 Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari itu. (isr)

Kategori :