radartasik.com, RADAR TASIK - Ninja Xpress mendukung program pemerintah terkait target 30 juta UKM masuk pasar digital hingga 2024 dengan menghadirkan Creative Business Solutions. Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 sangat berdampak langsung terhadap para pelaku UKM. Pelaku UKM harus berinovasi dengan masuk pasar digital agar dapat meningkatkan daya saingnya.
Ninja Xpress membantu UKM untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan maupun pemasaran produk melalui program Creative Business Solutions. Hingga saat ini, Creative Hub, yang merupakan salah satu layanan dari Creative Business Solutions Ninja Xpress, sudah hadir di 10 lokasi yaitu di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Tasikmalaya, Garut, Kuningan, Malang, Pekalongan dan terakhir di Kota Medan.
Menurut catatan Ninja Xpress, sebanyak lebih dari 90 persen paket yang terkirim melalui Ninja Xpress didominasi oleh kategori paket berukuran kecil yang umumnya berisi pakaian, aksesoris, kosmetik, serta produk perawatan diri. Faktor ini menjadi salah satu semangat Ninja Xpress menghadirkan Creative Business Solutions agar pelaku UKM bisa naik kelas dan lebih siap menghadapi tantangan bisnis di era digital.
CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan, dalam membantu UKM meningkatkan daya saing mereka dan tetap produktif di era digital, secara resmi, kami membuka fasilitas Creative Business Solutions yang diberikan secara gratis kepada UKM. “Dukungan ini sejalan dengan semangat baru kami dalam mewujudkan 'Siap Bantu Sampai Tujuan' bagi pelaku UKM,” katanya.
Beberapa program yang ditawarkan melalui Creative Business Solutions adalah Creative Hub yaitu tempat pelaku bisnis UKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional yang dibuat bersama model, makeup artist, kolaborasi gratis bersama para influencer, iklan pemasaran, hingga layanan manajemen konten media sosial.
Creative hub sendiri telah dibuka sejak 2020 lalu di beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta. Animo para pelaku UKM terhadap fasilitas ini juga sangat positif, hingga saat ini, sudah lebih dari 30.000 produk telah diambil foto produknya di Ninja Creative Hub dan lebih dari 5.000 pelaku UKM telah mengirimkan produknya dari seluruh Creative Hub.
Para pelaku UKM dapat memanfaatkan secara langsung berbagai program Creative Business Solutions yaitu online dan offline support termasuk Creative Hub.
Salah satu pelaku UKM yang telah memanfaatkan fasilitas online dan offline support dari Ninja Xpress adalah Camille Beauty, sebuah brand kecantikan yang menjual produk-produk skin care seperti body scrub, face mist, masker serta produk kecantikan lainnya. Saat ini, volume pengiriman Camille Beauty telah mencapai kisaran 500 ribu hingga 1 juta paket setiap bulannya.
Brand Manager Camille Beauty Dinda Nurrakhmat menjelaskan, Camille Beauty sudah mengalami jatuh bangun dalam berbisnis. Tapi setelah bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress, kami merasa sangat terbantu dalam banyak hal, seperti periklanan dan pemasaran hingga distribusi produk oleh Ninja Xpress. Terutama dalam mendukung peluncuran website Camillebeauty.id.
“Sejalan dengan semangat kami untuk membantu UKM bersaing di dunia digital, kami optimis peluncuran program Creative Business Solutions ini dapat mendorong produktivitas pelaku UKM dengan berbasis teknologi dan digital. Kami melihat potensi yang luar biasa dari UKM di lokasi-lokasi ini. Sejauh ini kami sudah membuka fasilitas Creative Business Solutions di 10 kota dan tidak menutup kemungkinan adanya peluncuran Creative Business Solutions di kota lain”, ungkap Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress. (rls)