Dua Atlet Tasik Gemilang di PON, Satu Emas dan Satu Perunggu

Senin 11-10-2021,10:45 WIB
Reporter : syindi

radartasik.com, SINGAPARNA - Sala Nursyafa Jajuar dan Lutfi Petrick (18), atlet asal Kabupaten Tasikmalaya berhasil meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang diselenggarakan di Papua, Minggu (10/10/2021).

Lutfi berhasil meraih medali perunggu setelah tampil apik pada perlombaan motocross kelas 125 cc. Kemudian Sala mendapatkan medali emas pada cabang olahraga modern pentathlon.

Sala Nursyafa mengatakan, dia sempat tidak percaya bisa meraih medali emas dengan mengalahkan atlet berpengalaman lainnya. “Dari segi usia pun mungkin saya yang paling muda. Karena waktu itu ada yang sudah duduk di bangku SMA,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Menurut dia, lawannya juga ada mahasiswa dan atlet dari TNI. Menghadapi situasi tersebut, tidak membuat patah semangat. Melainkan terus optimis meraih hasil terbaik.

“Berjuang untuk bisa meraih prestasi di ajang lomba tingkat nasional memang tidak akan cukup hanya sebatas bermodalkan kemampuan semata. Kami siapkan mental, untuk bisa jadi juara pun harus menjadi motivasi yang sangat besar,” ujar putri ketiga dari pasangan Dindin Jumardin dan Ade Juarsih ini.

Kata Sala, ketika di lapangan semuanya sama. Namun, yang harus dipersiapkan adalah mental dan perjuangan masing-masing atlet. “Saya bercita-cita menjadi polwan, alhamdulillah bisa membuat bangga keluarga juga masyarakat Kabupaten Tasikmalaya,” ujarnya.

Terpisah, Manager Motocross Kelas 125 Peri Adhi Pradana mengatakan, prestasi yang diraih Lutfi ini sudah sesuai dengan target yang diharapkan, yakni bisa membawa pulang medali. Meskipun tidak meraih juara pertama, namun perjuangannya dalam mengikuti lomba cukup diapresiasi.

“Alhamdulillah sesuai target, secara Lutfi ini merupakan pendatang baru di dunia motocross. Pasalnya, basic Lutfi Petrick ini adalah dari grasstrack,” ujarnya kepada Radar, Minggu (10/10/2021).

Menurut dia, di usianya yang masih muda ini perlu adanya dukungan dari berbagai stakeholder, terutama Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Sebab, ini merupakan aset masa depan yang cukup potensial.

“Jika terus diasah, Lutfi ini bisa saja terus berprestasi. Asalkan semua ikut andil dalam mendukungnya dan terus membimbingnya, terutama dukungan dari segi fasilitas. Ini saja sudah dibuktikan, apalagi jika terus didorong dalam peningkatan kemampuannya menjadi atlet profesional,” kata dia.

Ketua KONI Kabupaten Tasikmalaya Drs H Saeful Hidajat MSi melalui Wakil Ketua 1 Bidang Organisasi Maman Dali mengaku bangga atas raihan prestasi Lutfi dan Sala di PON XX yang menyumbang medali perunggu dan emas.

“Saya cukup bangga dan sangat mengapresiasi atas prestasinya. Mudah-mudahan bisa meraih prestasi lebih tinggi di Porprov 2022 yang akan datang dan sekaligus memberikan kontribusi pada raihan medali Kabupaten Tasikmalaya serta bisa mempertahankan rangking ke 8 di tingkat Jawa Barat,” harapnya.

Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto mengucapkan selamat kepada Sala dan Lutfi yang berprestasi meraih medali di PON Papua. “Selamat yang telah berhasil meraih prestasi sampai membuat harum nama Kabupaten Tasikmalaya. Ini sebuah kebanggan bagi kami dan warga Kabupaten Tasikmalaya,” paparnya.

Kata dia, semoga prestasi ini bisa memotivasi siswa atau para atlet khususnya di Kabupaten Tasikmalaya. Sebagai penghargaan, pemerintah daerah berencana akan mengundang Sala ke pendopo. “Insyaallah kita atur saja acaranya,” ungkap dia. (dik/obi)
Tags :
Kategori :

Terkait