Eksplorasi Kemampuan di Bidang Sains, KSN 2022 Dimulai 12 Mei

Selasa 10-05-2022,07:40 WIB
Editor : Andriansyah

RADARTASIK, TASIKMALAYA - Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya segera menyelenggarakan lomba prestasi akademik yakni Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2022 tingkat kota jenjang sekolah dasar (SD). Untuk jadwal pelaksanaan dimulai pada 12 Mei di SDN Perumnas Cisalak.

”KSN 2022 tingkat kota jenjang SD dengan bidang lomba matematika dan ilmu pengetahuan alam akan dilaksanakan 12 Mei di SDN Perumnas Cisalak,” kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Disdik Kota Tasikmalaya H Cecep Susilawan SPd MM kepada Radar, Senin (9/5/2022).

Untuk pesertanya, ada dari perwakilan siswa SD yang sudah menjadi juara KSN jenjang kecamatan. Untuk itu, nantinya ada peserta 2 orang hingga 4 orang per sepuluh kecamatan di Kota Tasikmalaya. 

“Kita batasi untuk KSN 2022 jenjang SD maksimal 40 peserta, sehingga sesuai prokes. Karena khusus KSN 2022 untuk jenjang kota menggunakan luring,” ujarnya.

BACA JUGA: Sambut PTM, Prokes Harus Diperkuat

Sedangkan, KSN 2022 tidak hanya diselenggarakan oleh Kota Tasikmalaya. Namun juga ada yang dijadwalkan oleh provinsi dan nasional  menggunakan online. 

“Penyelenggaraan KSN sekarang ada dua, dari Kota Tasikmalaya secara luring dan provinsi hingga nasional dengan online,” katanya.

Tujuan KSN dikenalkan sejak dini, diharapkan dapat mengantarkan siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan tek­nologi. Sebab kom­petisi ini juga me­rupa­kan bagian pen­ting dalam pe­me­rataan pres­tasi dan me­maks­imalkan potensi siswa bertalenta dan berkarakter 

“Melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan men­capai puncak po­tensi terbaiknya,” ujarnya.

BACA JUGA: Perkuat Bahasa Indonesia dengan Lompatan Katak

Pengawas SD Kota Tasikmalaya Asep Supriadi SPd MPd menyampaikan prestasi akademik yakni KSN 2022 tingkat kota jenjang SD akan segera dilakukan pada 12 Mei. Dengan begitu, diharapkan adanya pengembangan diri dan kemampuan secara akademik siswa terus dilatih. (riz)

Kategori :