ALHAMDULILLAH.. Kasus Covid-19 Kota Tasik Turun Drastis, BOR 54,58 Persen

Jumat 06-08-2021,13:48 WIB
Reporter : agustiana

radartasik.com, KOTA TASIK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya mencatat kasus Covid-19 di wilayahnya mengalami penurunan drastis usai penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Level 4 selama sebulan terakhir. 

Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Tasikmalaya pada Jumat (06/08/21), Bad Occupancy Rate (BOR) atau keterisian ruang isolasi seluruh rumah sakit mencapai angka terendah mencapai 54,58 persen. 

Dalam sehari jumlah pasien sembuh pun mencapai 233 orang dengan penambahan kasus tak ada sama sekali. 

"Iya, hari ini BOR sampai 54,58 persen mengalami penurunan drastis karena sebanyak 233 pasien dinyatakan sembuh dalam sehari," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Tasik, Uus Supangat kepada radartasik.com.

"Angka BOR ini paling rendah selama sebulan terakhir ini di angka 90 sampai 100 persen lebih. Bahkan, waktu itu sampai banyak antrean pasien di IGD," sambungnya.

Saat ini, terang Uus, Kota Tasik masuk level 3 setelah sebulan terakhir di level 4 dengan segala pembatasan mobilitas masyarakat diperketat sesuai aturan Pemerintah Pusat. 

Hal itu pun dinilai sangat efektif menurunkan penyebaran Covid-19 karena minimnya mobilitas masyarakat dan masyarakat tak abai lagi menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

"Sekarang PPKM level 3 dilaksanakan dengan mulai membuka kran kegiatan ekonomi masyarakat dengan tetap berupaya menekan mobilitas warga," terangnya. 

Jumlah kematian akibat Covid-19 di Kota Tasikmalaya pun mulai menurun drastis semenjak sebulan terkahir mobilitas masyarakat bisa dikendalikan melalui penerapan PPKM. 

Sebelumnya, jumlah kematian dalam sehari bisa mencapai 19 orang dan sekarang mulai menurun sehari paling ada 4 sampai 5 orang. 

"Kemarin tercatat ada 5 orang yang meninggal Covid-19, dan sebelumnya bahkan tidak ada. Tapi, berbeda dengan beberapa.pekan ke belakang, setiap hari bisa mencapai 15 sampai 19 junlah meninggal per harinya," tambahnya. 

Meski demikian, semua masyarakat tak terlena dengan kondisi sudah melandai ini dan diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat. 

Sehingga, kegiatan ekonomi masyarakat akan berjalan normal kembali dengan penyebaran Covid-19 tetap bisa dikendalikan. 

"Mudah-mudahan penyebaran yang sudah bisa terkendali ini, Kota Tasikmalaya bisa mencapai level terendah lagi, bisa ke level 2 atau 1," harapnya. 

Sesuai data terbaru catatan Covid-19 Kota Tasikmalaya sampai Jumat (06/08/21), jumlah keseluruhan mencapai 1.131 kasus aktif, 233 sembuh dan jumlah total meninggal keseluruhan mencapai 468 orang. 

Sementara BOR Rumah Sakit di Kota Tasikmalaya mencapai penurunan terendah pada hari ini mencapai 54,58 persen. (rezza rizaldi/radartasik.com)
Tags :
Kategori :

Terkait