Kebutuhan Oksigen di Kota Tasik Terus Meningkat

Sabtu 10-07-2021,15:30 WIB
Reporter : syindi

radartasik.com, TASIK — Meski pasokan kebutuhan oksigen bagi rumah sakit dipastikan stabil, oksigen yang biasa dibeli warga mengalami pengurangan. Seiring banyaknya warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman), kebutuhan oksigen rumahan pun turut meningkat.

Seperti yang terlihat di salah satu agen oksigen di Jalan Siliwangi, Kota Tasikmalaya Jumat pagi (9/7/2021). Sejumlah pembeli menunggu giliran untuk mengisi refil oksigen.

Biasanya tidak terjadi permintaan banyak, dan selalu tersedia sisa dari stok pembelian dari sentral oksigen. Namun, satu pekan terakhir mulai terjadi pengurangan kuota pembelian.

“Biasanya kita kirim 10 tabung ke sentral itu diisi semua. Mulai beberapa hari terakhir, dari 10 tabung kami antarkan ke sana, hanya diisi 8 saja. Sekarang kita kirim 5 tabung kosong, diisi 3 tabung saja,” ujar pengelola agen oksigen, Sandi kepada Radar.

Menurut dia, sentral pengisian oksigen beralasan memprioritaskan suplai kebutuhan bagi rumah sakit. Ia memahami kondisi tersebut, tetapi di sisi lain kebutuhan oksigen rumahan, khususnya warga yang melakukan perawatan jalan termasuk isoman juga kian meningkat.

“Kadang sampai antre pagi-pagi di sini seperti mau beli bubur. Biasanya tidak pernah seperti ini, kemudian kita juga kadang dapat pasokan tidak seperti biasa,” keluh dia.

Sandi menjelaskan urusan oksigen tentu erat kaitannya dengan kesehatan. Dimana, ia tidak pernah menjual refil oksigen bagi peruntukan di luar medis. Seperti kebutuhan untuk tukang ikan atau lainnya.

“Kita biasanya bisa isi sampai 15 tabung berisi 6 kubik oksigen, hari ini (kemarin, Red) tersedia besok masih sisa 6-7 tabung. Sekarang, beli pagi siang sudah habis. Kemudian pembeli juga sering mengeluh dan komplain, karena tidak kebagian,” tuturnya.

Dia berharap ke depan ada pengalokasian bagi agen-agen yang khusus melayani kebutuhan medis dalam melayani permintaan masyarakat. Dimana, tren kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang terjadi belakangan ini, mengharuskan beberapa warga menjalani isolasi mandiri dan menyediakan oksigen dalam membantu pengobatan.

“Kasihan yang dirawat di rumah, seperti tadi malam teman saya di Cigeureung Kecamatan Cipedes meminta oksigen, sementara di saya kosong. Tadi pagi baru dengar berita duka ibunya sudah tidak tertolong dan batal isi oksigen. Semoga kondisi seperti ini tidak berlarut,” ceritanya terharu.

Salah seorang pembeli oksigen, Didan Nurrohman (42), warga Argasari Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya rela berkeliling ke agen-agen untuk menyediakan kebutuhan oksigen bagi ayahnya. Saat ini, tengah membutuhkan oksigen karena menderita sesak nafas.

“Sulit memang, kalau datang ke sentral itu harus ada keterangan dari klinik atau lain sebagainya, sementara ayah saya memang berobat jalan di rumah, dan sesaknya kambuhan,” keluh dia.

Wina Winanti (30), menuturkan hal serupa. Ibunya yang belakangan menderita gejala serupa Covid-19 masih menunggu hasil pemeriksaan lab terkait terkonfirmasi atau tidaknya positif corona. Ia mengaku butuh oksigen untuk berjaga-jaga, apabila dalam proses isoman dan menunggu hasil pengecekan terjadi hal yang tidak diinginkan. “Memang ke rumah sakit juga sudah susah untuk mengisi oksigen, termasuk ke agen-agen kadang tidak kebagian,” ungkapnya.

Sementara itu, meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya berdampak terhadap melonjaknya permintaan tabung oksigen di Kota Resik ini. Salah satunya dialami oleh agen tabung oksigen yakni 'Panca Gas' di Jalan Ir H Djuanda, Kecamatan Mangkubumi.

Di tempat tersebut, permintaan isi ulang, pembelian dan penyewaan tabung oksigen merangkak naik dalam waktu dua pekan terakhir.

”Ya ada kenaikan sampai 300 persen peningkatannya pengisian pun kita sudah over kita kerja sampe jam 2 hingga jam 3 subuh,” kata Hermawan, Pemilik Panca Gas kepada waratawan, Rabu (3/6/21).

Tags :
Kategori :

Terkait