Tokoh Otomotif Kota Tasik Meninggal

Sabtu 10-07-2021,09:45 WIB
Reporter : syindi

radartasik.com, BUNGURSARI — Berita duka kembali menimpa salah seorang tokoh di Kota Tasikmalaya. Para pegiat otomotif ataupun balap motor, tentunya tidak asing dengan nama H Sobandi, dia merupakan pemilik Sirkuit Bukit Peusar Kecamatan Bungursari.

Jumat (9/7/2021) pagi, pria bersahaja yang turut andil dalam kemajuan otomotif daerah itu tutup usia. Sekitar pukul 07.00 di kediamannya, lantaran sakit lambung yang diderita. Ia masih menyimpan mimpi dalam melaksanakan satu event besar di sirkuitnya pasca revitalisasi beberapa waktu lalu.

Almarhum dikebumikan di rumah duka wilayah RT/RW 01/04 Kampung Rancabango Kelurahan Sukamulya Kecamatan Bungursari.

“Kami tentu kehilangan, H Bandi Sobandi yang merupakan owner satu-satunya sirkuit balap motor permanen di Kota Tasikmalaya. Dimana sirkuit ini melahirkan pembalap-pembalap berprestasi,” tutur Sekretaris Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Kota Tasikmalaya Ruchimat, kepada Radar.

Menurut dia, almarhum diketahui belakangan ini mendapat kabar bahagia, tatkala sirkuit kebanggaan di Kota Resik itu belakangan dikunjungi pembalap asal Inggris, Lewish Cornish.

Kala itu, istri almarhumah turut mendampingi jajaran IMI dan KONI Kota Tasikmalaya menyaksikan aksi pemegang tahta tertinggi supermoto FiM Asia tersebut.

“Almarhum saat event minggu lalu pun tidak bisa datang ke sirkuit, dimana Racing Syndicate mendatangkan Lewish Cornish, hanya istrinya saja yang hadir,” kata pria dengan sapaan akrab Imat tersebut.

Dia menceritakan dedikasi almarhum terhadap dunia otomotif di Kota Resik patut diacungi jempol. Dimana terbangunnya sirkuit supermoto permanen di daerah yang diyakini bisa menjadi sirkuit pertama di Indonesia. Bahkan, lanjut dia, sirkuit itu mungkin menjadi sirkuit nomor 3 di dunia setelah adanya sirkuit supermoto permanen di Bulgaria dan Italia.

“Dan kelayakannya sudah diuji kemarin oleh pembalap asal Inggris. Jadi, ini kebanggaan tersendiri dunia otomotif negri, atas keseriusan almarhum mendorong kemajuan potensi daerah di bidang otomotif ini,” katanya mengenang.

Pengurus IMI Korwil Kota Tasikmalaya, Aripin Rahman atau dikenal Bimbim, menambahkan H Sobandi merupakan tokoh di dunia otomotif, dimana di awal hadirnya sirkuit tersebut turut membidani banyak atlet roadrace Jawa Barat di level nasional.

“Kami berharap, rekan-rekan pegiat otomotif dan balap motor bisa meneruskan tonggak kemajuan atlet. Dimana dedikasi beliau selama ini patut menjadi inspirasi untuk dilanjutkan,” harapnya. (igi)
Tags :
Kategori :

Terkait