Waspada Nih! Kasus Covid di Sejumlah Daerah Masuk Level Genting

Waspada Nih! Kasus Covid di Sejumlah Daerah Masuk Level Genting

RADARTASIK.COM, JAKARTA — Kasus Covid-19 di enam provinsi di Pulau Jawa tercatat mengalami kenaikan signifikan. Keenam daerah itu antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Banten.

”Banten tercatat ada kenaikan kasus lebih dari 400. Angkanya hingga 7.000 kasus pada minggu ini,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Selasa (15/06/2021).

Kenaikan kasus itu terjadi di daerah tujuan mudik. Selain itu, kasus meningkat di daerah asal pemudik. Yakni, DKI Jakarta.

Kenaikan kasus pada minggu ke lima pasca periode Idul Fitri terlihat pada daerah tujuan mudik. Seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Banten dan Jawa Barat.

”Terjadi pula di daerah yang menjadi asal pemudik DKI Jakarta,” imbuh Wiku.

Angka kasus yang terjadi di sejumlah provinsi itu dinilai cukup mengkhawatirkan. Dia meminta pemerintah daerah dan warga mengikuti pembatasan yang ditetapkan.

”Kondisi ini mengkhawatirkan. Tentu patut menjadi perhatian pemerintah daerah serta masyarakat untuk lebih berhati-hati dan segera menetapkan strategi pengendalian kasus yang sesuai dengan kondisi dan kapasitas masing-masing daerah,” jelasnya.

Fokus pemerintah saat ini adalah mengendalikan penambahan kasus di daerah-daerah yang sedang mengalami kegentingan kondisi kasus.

Dia juga meminta masyarakat membatasi mobilitas dan menaati protokol kesehatan. ”Patuhi kebijakan yang ada dan kedisiplinan protokol kesehatan,” pungkasnya. (rh/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: