ASN Setda Garut Jalani Swab Tes Masal

ASN Setda Garut Jalani Swab Tes Masal

radartasik.com, TAROGONG KIDUL — Tim Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kabupaten Garut melakukan tes swab massal terhadap aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Garut. Swab test dilakukan setelah beberapa ASN di lingkungan Setda Garut terpapar Covid-19.


“Kita swab para pegawai yang diketahui kontak erat dengan para pegawai yang sudah positif,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Pemkab Garut Suherman kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).

Suherman menerangkan tes swab sebagai antisipasi dan untuk mendeteksi penyebaran Covid-19 di lingkungan Setda Garut. “Alhamdulillah hasilnya tidak ada yang positif. Beberapa ASN yang diketahui kontak erat juga negatif,” ujarnya.

Meski tidak ditemukan adanya yang positif, pihaknya akan terus melakukan tracking terhadap ASN di lingkungan Setda Garut untuk memastikan tidak ada lagi yang terpapar Covid-19.

Suherman menerangkan ASN yang positif Covid-19 di lingkungan Setda Garut ada empat orang. Pihaknya belum mengetahui keempat orang tersebut terpapar virus corona darimana. “Penyebarannya kita tidak bisa pastikan, namun mereka yang positif kan ada yang rapat di luar, ada juga yang melakukan pengawasan Pilkades,” katanya.

Ia mengatakan sebagai upaya mencegah dan memutus penularan Covid-19, pihaknya memberlakukan bekerja dari rumah maupun online. Sementara waktu, lanjut dia, pelayanan kantor Setda Pemkab Garut ditutup untuk umum maupun kegiatan kerja.

Bupati Garut H Rudy Gunawan menginstruksikan Badan Kepegawaian Daerah dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Garut menindak ASN yang tidak disiplin protokol kesehatan, salah satunya tidak memakai masker. Ia menyampaikan pandemi Covid-19 saat ini telah mengkhawatirkan dengan banyaknya kasus baru terkonfirmasi positif.

“Kami minta semua elemen masyarakat maupun ASN harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: