Terapkan Prokes Ketat saat Pelaksanaan Pilkades

Terapkan Prokes Ketat saat Pelaksanaan Pilkades

RADARTASIK.COM GARUT KOTA — Bupati Garut H Rudy Gunawan memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang dilaksanakan di 217 desa berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Hal itu terlihat saat dirinya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memonitoring Pilkades di wilayah utara Garut.


“Alhamdulillah pelaksanaan Pilkades 2021 berjalan dengan lancar dan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ujar Rudy dalam keterangan tertulisnya, Selasa sore (8/6/2021). Rudy menilai penerapan prokes ketat, karena dirinya melihat di setiap TPS tidak ada masyarakat yang berkerumun.

Selain itu, Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) di setiap desa mengarahkan warga yang akan mencoblos untuk mencuci tangan, diukur suhu tubuh, bahkan satu per satu diberi sarung tangan plastik sebelum diizinkan untuk mencoblos. “Setiap TPS juga membagi 4 shift warga yang akan mencoblos, sehingga tidak ada kerumunan,” ujarnya.

Selain prokes ketat, pihaknya juga menyiagakan petugas kesehatan dan keamanan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan. “Alhamdulilah gangguan keamanan juga tidak ada. Sehingga Pilkades ini berjalan lancar,” ujarnya.

Rudy berharap ketentraman, keamanan dan ketertiban ini terus diciptakan sampai akhir penghitungan suara dan penetapan pemenang Pilkades. “Kalah atau menang dalam demokrasi itu hal yang biasa. Kalau yang menang itu sudah ada takdir Allah SWT, sehingga yang kalah harus legowo (lapang dada) untuk menerima kekalahan itu,” ujarnya.

Camat Bungbulang Caca Rifai menuturkan Pilkades di daerahnya berjalan lancar. Kehadiran pemilih ke TPS mencapai 70 sampai 80 persen. “Di wilayahnya ini yang melaksanakan Pilkades pada tahun ini terdiri dari 5 desa dan semuanya 55 TPS,” ujarnya. Caca mengungkapkan telah mengimbau kepada PPKD dan panitia di TPS selalu menerapkan protokol kesehatan. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: