TPT Ambrol, 2 Rumah di Gunung Huni Kota Tasik Terancam Ambruk ke Sungai

TPT Ambrol, 2 Rumah di Gunung Huni Kota Tasik Terancam Ambruk ke Sungai

radartasik.com, TAWANG - Meski dua hari ini cuaca Kota Tasik cerah, namun sebelumnya curah hujan sangat tinggi. Dampaknya bencana alam sempat terjadi. 

Bahkan setelah beberapa hari cerah, bencana alam akibat hujan lebat beberapa hari lalu dampaknya masih terjadi.

Hal itu seperti yang terjadi di RT01, RW08, Kampung Babakan Sirnarasa, Kelurahan Emangpasari, Kecamatan Tawang, Sabtu (05/06/21) sore.

Dua rumah yang dipinggirnya melintas aliran Susukan Empang atau DAM yang warga sebut daerah Gunung Huni ini, Tembok Penahan Tebing (TPT)-nya ambrol.

"Ambrolnya tadi siang kang. Pas lohor lah (pukul 12.00 WIB). Saat kejadian saya sedang di dalam rumah kang," ujar Ani Suryani, pemilik rumah yang terancam ambrol kepada radartasik.com, Sabtu sore.

Terang dia, rumah tersebut dihuni dirinya serta suaminya. Selang sehari sebelumnya, pinggir rumahnya itu dalam keadaan baik-baik saja. 

"Mungkin tanahnya tak kuat saat menahan laju air sungai. Kan kemarin-kemarin hujan deras terus. Saya berharap pemerintah segera memperbaikinya," harapnya.

Hal senada dituturkan H Edi (68). Tembok belakang rumah Edi menempel ke rumah Ani. Bagian belakang rumah Edi pun terancam ikut ambrol.

Warga Empangsari, Tawang, Kota Tasik menunjukkan lokasi 2 rumah yang terancam ambrol, Sabtu (05/06/21) sore. rezza rizaldi / radartasik.com

"Saya tinggal di sini dari kecil dan baru kali ini kondisi TPT-nya ambrol. Iya tadi siang pas jam 12.00 WIB. Tiba-tiba bruk gitu aja. Saya sudah lapor ke RT, RW dan pihak kelurahan," tuturnya.

Dia pun berharap seperti Ani, agar pemerintah melalui dinas terkait segera melakukan perbaikan. Karena khawatir rumahnya ambrol bisa kapan saja. (rezza rizaldi/radartasik.com)

Ini Videonya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: