Pemkab Garut Tambah Ruang Isolasi

Pemkab Garut Tambah Ruang Isolasi

RADARTASIK.COM, TAROGONG KIDUL — Pemerintah Kabupaten Garut akan menambah ruang isolasi di setiap rumah sakit khusus pasien positif Covid-19. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus pasien positif virus corona.


Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Garut dalam sepekan terakhir mengalami peningkatan signifikan. Tercatat pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit sebanyak 250 orang. Paling banyak dirawat di RSUD dr Slamet Garut, sisanya tersebar di rumah sakit swasta.

“Rumah sakit sekarang semuanya itu kurang lebih ada 250 orang di berbagai rumah sakit yang terbanyak ada di Rumah Sakit dr Slamet, hari ini sampai 150 orang,” kata Rudy saat memantau RSUD dr Slamet Garut, Jumat (4/6/2021).

Rudy akan menambah ruang isolasi di rumah sakit. “Kapasitasnya kami masih ada, rumah sakit kami (RSUD) kan 200 (tempat tidur) kapasitasnya, kami mau tambah lagi,” katanya.

Ia menyampaikan seluruh rumah sakit di Garut telah menyiapkan ruang isolasi untuk pasien Covid-19 dan siap melakukan pelayanan selama 24 jam. Rumah sakit itu, kata dia, hanya melayani pasien dengan gejala berat atau kondisinya sudah sangat darurat, sedangkan tidak bergejala dianjurkan menjalani isolasi mandiri di rumah sakit.

“Kita mengedepankan isolasi mandiri, tapi rumah sakit kita full 24 jam. Kita menerima yang mempunyai gejala yang sangat darurat,” katanya.

Selain rumah sakit, rumah susun di Garut juga akan disiapkan untuk ruang isolasi bagi pasien positif Covid-19. “Kami menyediakan rumah susun, kalau di desa kan di Bungbulang (warga satu kampung positif) di Gor diisolasi,” paparnya. (yna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: