Liga Eropa; Tumbangkan MU, Villarreal Juara

Liga Eropa; Tumbangkan MU, Villarreal Juara

Radartasik.com, GDANSK — Villarreal menjadi juara Liga Eropa musim 2020/2021 setelah menumbangkan Manchester United lewat drama adu penalti pada laga final di Stadion Miejski, Gdansk, Polandia, Kamis (27/05/2021) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Villarreal yang berjuluk Yellow Submarine (kapal selam kuning) berhak tampil pada Liga Champions musim depan karena menyandang status juara Liga Eropa 2020-2021.

Sejatinya, sejak menit awal Manchester United terus menekan pertahanan Villarreal. MU yang menerapkan formasi 4-2-3-1 lebih banyak membangun serangan dari sisi kiri yang dihuni Marcus Rashford ketimbang dari sisi kanan yang ditempati Masson Greenwood.

Ketika pertandingan baru berjalan 6 menit, Marcus Rashford menusuk diri sisi kiri. Karena pertahanan Villarreal begitu rapat, Rashford memilih memberikan bola ke Scott McTominay yang mendukung serangan dari lini tengah. Namun, sepakan McTominay melenceng ke sisi kiri.

Hingga menit ke-19, MU masih menguasai ball position dengan 59 persen. Sedangkan Villarreal hanya 41 persen. Menit ke-20, Luke Show mencoba memanfaatkan bola muntah. Namun, hasil sepakan Show belum membahayakan gawang Villarreal.

Petaka bagi MU datang pada menit ke-29. Dimana, D Parejo yang mengambil tendangan bola mati mengincar sisi kiri gawang David de Gea. Di saat bola sampai di kotak penalti, Gerard Moreno mampu melepaskan diri dari kawalan Luke Show, Eric Bailly dan Victor Lindelop dan mencontek bola dengan kaki kanan. Bola pun meluncur ke gawang yang dijaga De Gea.

Skor berubah menjadi 1-0 untuk kemenangan Villarreal. Selain mengubah kedudukan, gol tersebut menasbihkan Gerard menjadi striker paling subur bagi tim berjuluk Yellow Submarine. Selama bermain di Liga Eropa, Gerard mampu melesakkan tujuh gol.

Layaknya, Villarreal menambah pundi gol. Karena, pada menit ke-43, bola menyentuh jari tangan kanan Luke Show di kotak penalti MU. Hanya saja, wasit maupun asisten wasit tidak melihatnya. Hingga babak pertama berakhir dan tambahan waktu dua menit, skor masih 1-0.

Memasuki babak kedua, pasukan Ole Gunnar Solskjaer terus menekan pertahanan Villarreal. Walhasil, menit ke-55, Edinson Cavani yang tidak terkawal bek berhasil melesakkan bola ke gawang Villarreal. Cavani yang sudah melakukan selebrasi harus deg-degan karena harus menunggu final check. Namun akhirnya, gol striker gaek itu disahkan. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1.

Villarreal yang terus ditekan mencoba menambah daya serang. Menit ke-59, Unai Emery mengganti Carlos Bacca dengan pemain muda, Coquelin. Dan, pada menit 77, pelatih asal Prancis ini memasukkan Paco Alcacer untuk menggantikan Yeremi Pino. Gomes dimasukkan untuk menggantikan Manu Trigueros.

Memasuki akhir babak kedua, Unai kembali memasukan dua pemain yang lebih segar. Alberto Moreno yang biasa beroperasi di sayap menggantikan Alfonso Padraza. Sedangkan Mario Gaspar menggantikan J Poyth.

Skor 1-1 bertahan hingga bubaran waktu normal serta 2x15 menit babak tambahan waktu. Kiper Geronimo Rulli menjadi pahlawan Villarreal dalam adu penalti, setelah ia melakoni tugasnya dengan baik sebagai algojo ke-11 lantas mementahkan eksekusi kiper MU David de Gea yang menjadi algojo pemungkas Setan Merah. (lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: