Tips Memilih Merpati Kolong Siap Tempur

Tips Memilih Merpati Kolong Siap Tempur

TASIK - Sejak dulu, Tasikmalaya terkenal mencetak merpati kolong yang top atau sering menjadi jawara nasional. Karena kekhasannya memiliki karakter jablay atau mukul ke bawah.


Pedagang merpati kolong, Ade Pele (63) berbagi cara merawat dan memilih burung merpati kolong yang siap tempur. ”Merpati kolong lebih banyak tantangan. Dari kondisi alam, harus melewati ring atas, dan masuk patek meja,” kata dia yang sudah berkecimpung di “dunia merpati” sejak tahun 1978.

Ia pun mau berbagi dari cara memilih merpati kolong hingga penjodohan. Untuk memilih merpati kolong siap tempur yaitu dari wajahnya “sadis”, untuk badan, khusus warna bulu tritis harus keras dan warna coklat harus empuk.

”Selanjutnya memiliki mata jernih, hidung dan paruh kecil, supit keras dengan posisi agak renggang, serta daging bagian bawah tebal,” ungkap lelaki yang pernah bergabung dengan Tim Putri Ayu dari 2003 hingga 2010.

Perawatan lanjutan, saran dia, harus ada pendekatan dengan merpati yakni dengan cara diusap. “Itu menjadikan merpati kolong dekat dengan kita dan siap tempur,” katanya.

Buktinya, merpati miliknya beranama Patriot, walaupun dibeli dengan tiga puluh ribu, bisa menjadi pemenang. ”Dijual laku dua juta. Waktu itu mengikuti perang bintang di Ajibarang tahun 2006,” kenang dia.

Cara penjodohan cepat kawin, pasangan merpati dimandikan terlebih dahulu sebelum didekatkan. Setelahnya yakni penjemuran dan sore hari disatukan di gupon. Itu dilakukan secara rutin selama empat hari. ”Ketika sudah sepasang, bisa siap dilatih menjadi merpati kolong,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: