Selesai dengan Andika Kangen Band, Kini Tri Suaka dan Zidan Dikejar Soal Royalti oleh Beberapa Musisi

Selesai dengan Andika Kangen Band, Kini Tri Suaka dan Zidan Dikejar Soal Royalti oleh Beberapa Musisi

Radartasik, JAKARTA - Baru saja selesai "masalahnya" dengan Andika Kangen Band, kini penyanyi Tri Suaka dan Zidan harus menghadapi masalah baru. Yaitu dikejar soal royalti oleh sejumlah musisi atau tepatnya pencipta lagu yang lagunya dicover oleh kedua penyanyi yang sedang ngehits tersebut. 

Salah satunya adalah Erwin Agam dari Indoswara Music Digital sekaligus pencipta lagu Emas Hantaran yang dicover Tri Suaka dan Zinidin Zidan di Youtube tanpa izin tersebut. 

Apalagi cover lagu Emas Hantaran itu viewers-nya mencapai jutaan kali tayangan. Sementara tuntutan royalti kepada pencipta lagu tersebut tidak kunjung dibayarkan oleh Tri Suaka dan Zidan.

Yang membuat Erwin Agam meradang, Tri Suaka dan Zidan tidak ada itikad baik untuk merespons komunikasi yang dilakukan olehnya.

Padahal, sebagai pencipta dari lagu yang dicover, Erwin Agam mengaku sudah menghubungi secara baik-baik, tetapi tidak pernah direspons.

Erwin Agam mengaku geram, lantaran tidak adanya respons yang baik dari keduanya. Padahal, jelas-jelas mereka mengambil keuntungan dari lagu yang dicover dan disaksikaan jutaan kali.

Melalui unggahan Facebook, Erwin Agam mengungkapkan kekecewaan pada Tri Suaka dan Zinidin Zidan yang tidak izin menggunakan lagu.

Padahal, lagu tersebut telah menghasilkan uang yang tidak sedikit. Pada unggahan Youtube Tri Suaka dan Zinidin Zidan bahkan telah mencapai jutaan viewers.

“Sudah 12 jutaan dan 8 jutaan viewers pernahkah kalian komunikasi atau bicara sepatah dua patah kata sama aku?” tanya musisi yang bernaung di Label Indoswara Music Digital dan Minangswara itu.

Erwin Agam mengaku, sejak lama dirinya geram dengan lagu Emas Hantaran yang dicover tanpa izin. Sebagai pencipta lagu, bahkan dirinya pernah menanyakan secara baik-baik.

Namun, pertanyaannya maupun teguran yang disampaikan tidak digubris. Adapun Tri Suaka dan Zinidin Zidan hanya mematikan monetisasi di lagu tersebut.

“Dari dulu saya udah geram, karena dihubungi baik-baik, di-dm ig diabaikan saja,” tulis Erwin, seperti dikutip radarcirebon.com.

Menurut Erwin Agam, sebagai pencipta lagu Emas Hantaran, dirinya sangat dirugikan. Bukan hanya itu, viewers semua label juga mendapatkan kerugian.

Apalagi label yang sudah membayar royalti lagu tersebut. Mengingat izin pakainya mencapai jutaan rupiah. Sementara Tri Suaka dan Zidan, hanya cover tanpa izin apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: