Rusia Mendenda Wikipedia

Rusia Mendenda Wikipedia

Radartasik.com, Rusia, Pengadilan Moskow akhirnya menjatuhkan denda kepada Wikimedia Commons, operator platform Wikipedia, pada hari Selasa (26/04/2022) kemarin.

Yayasan tersebut dinyatakan bersalah karena gagal menghapus artikel yang dianggap melanggar hukum Rusia.

Sebagian besar konten terkait dengan apa yang diklasifikasikan sebagai penyebaran informasi yang salah tentang militer Rusia dan tindakannya selama konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Pengadilan menjatuhkan denda 3 juta rubel (sekitar 579 juta) kepada Wikipedia setelah gagal menghapus lima artikel yang menyinggung Rusia.

Sedangkan Tim hukum Wikimedia berargumen bahwa mereka yang menuntut dapat memperbaiki sendiri artikel tersebut jika mereka yakin artikel tersebut melanggar hukum Rusia.

BACA JUGA:Pangeran Saudi Kurangi Gaya Hidup Mewah Untuk Menghindari Pengawasan Dari Putra Mahkota

“Jika jaksa percaya ada sesuatu yang salah dalam publikasi ini, dia bisa datang dan mengeditnya,” kata seorang pengacara selama persidangan, seperti dikutip RIA Novosti.

Pengadilan juga memberikan denda tambahan sebesar 2 juta rubel (sekitar 386 juta)  dalam putusan terpisah atas kegagalan untuk menghapus tiga artikel tambahan.

Satu artikel  terkait dengan konflik militer Rusia dan Ukraina, sedangkan dua lainnya berisi informasi pembuatan bahan peledak.

Rusia menyerang Ukraina menyusul kegagalan Ukraina untuk menerapkan persyaratan perjanjian Minsk yang ditandatangani pada 2014 dan pengakuan Moskow atas republik Donbass, Donetsk dan Lugansk.

Protokol Minsk yang ditengahi Jerman dan Prancis dirancang untuk memberikan status khusus kepada daerah-daerah yang memisahkan diri di dalam negara Ukraina.

Dikutip dari Russian Today, Kremlin sejak itu menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer NATO yang dipimpin AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: russian today