Siaga Mudik Lebaran, Pemkot Tasikmalaya Gencarkan Vaksinasi Booster, Siapkan Layanan Vaksinasi Usai Tarawih

Siaga Mudik Lebaran, Pemkot Tasikmalaya Gencarkan Vaksinasi Booster, Siapkan Layanan Vaksinasi Usai Tarawih

Radartasik, TASIKMALAYA – Wali Kota Tasikmalaya, H Muhammad Yusuf mengakui pihaknya terus mengebut pelaksanaan vaksin ketiga atau booster saat pelaksanaan mudik Lebaran 2022.

Gerai vaksin akan dibuka setiap hari di halaman Masjid Agung Tasikmalaya usai pelaksanaan shalat Tarawih setiap malam harinya.

Hal itu demi meningkatkan jumlah warga yang telah tervaksin booster selain dari persyaratan calon pemudik untuk pulang kampung ke halamannya saat libur Lebaran.

"Kita kebut setiap hari gerai vaksin booster dan lainnya di Masjid Agung (Kota Tasikmalaya) setiap malam dilaksanakan. Itu supaya selain syarat untuk pemudik, juga supaya cepat endemi Covid-19," paparnya kepada wartawan,  Selasa (26/04/22).

Muhammad Yusuf menerangkan, pihaknya terus menerus menjaga kondisi penyebaran Covid-19 supaya tak terjadi peningkatan kasus Covid-19 usai libur Lebaran. Ini dilakukan oleh semua daerah demi cepat terealisasinya status endemi dari pandemi Covid-19.

Sehingga, harapan dia, roda ekonomi masyarakat akan kembali berjalan normal dan semua pembangunan bisa dilaksanakan normal kembali di setiap daerah.

"Seperti kami Bandara Tasikmalaya juga akan diaktifkan kembali karena masa pandemi penyebarannya sudah menurun dan menuju normal. Kalau sudah endemi semua kegiatan ekonomi masyarakat akan kembali berjalan normal lagi," harapnya.

Muhammad Yusuf mengimbau kepada masyarakat Tasikmalaya yang hendak mudik ke luar daerah supaya sudah tervaksin booster.

Hal sama bagi pemudik yang datang ke Tasikmalaya sudah mendapatkan vaksin booster di daerah asalnya masing-masing.

"Kalau yang mudik ke Kota Tasikmalaya saya minta sudah divaksin booster di daerah asalnya. Kalau yang mau ke luar Tasik, sudah di-booster di sini," imbaunya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya terus menggelar vaksinasi ketiga atau booster di gerai khusus Masjid Agung dan beberapa swalayan daerah tersebut. 

Langkah itu demi melayani masyarakat yang hendak mudik dengan syarat telah divaksin ketiga dan nantinya tanpa dilakukan tes swab di daerah mudik yang dituju. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr H Asep Hendra Hendriana mengatakan, upaya vaksinasi malam hari terus dilakukan saat arus mudik Lebaran 2022. 

Saat vaksin malam hari pun disediakan seluruh dosis selain booster yakni dosis pertama dan kedua bagi masyarakat umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: