STT YBSI Tasikmalaya Buka Prodi Teknik Mekatronika

STT YBSI Tasikmalaya Buka Prodi Teknik Mekatronika

TASIK - Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional (STT YBSI) Tasikmalaya memperkenalkan program studi baru yaitu S1 Teknik Mekatronika. Ilmu Teknik Mekatronika merupakan gabungan dari beberapa cabang ilmu keteknikan seperti teknik mesin/mekanik, teknik kendali, teknik elektro dan ilmu komputasi (computer science, software and hardware).


Tujuan dari ilmu mekatronika ini adalah menghasilkan suatu produk otomasi yang cerdas dengan kinerja yang optimal dan efisien.

Serah terima SK Izin Operasional Prodi Baru S1 Teknik Mekatronika dilakukan di Gedung Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten oleh sekretaris sekaligus Plt Ketua LLDIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten Ir Dharnita Chandra MSi kepada Ketua STT YBS Dewanto Rosian Adhy MT, Selasa (18/5/2021).

       

Ketua STT YBSI Dewanto Rosian Adhy MT mengatakan, penyerahan SK ini merupakan hari bersejarah atas lahirnya prodi baru Teknik Mekatronika. Harapannya STT YBSI menjadi kampus teknologi yang unggul di Kota Tasikmalaya bahkan di tingkat nasional.

“Ilmu Teknik Mekatronika ini nantinya dapat diaplikasikan ke dalam berbagai sistem otomasi; misalnya pada industri produksi dan manufaktur, transportasi darat, laut maupun udara, bahkan sampai bidang medis pun memerlukan ilmu Teknik Mekatronika. Jadi sangat kental sekali dengan kebutuhan kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Lulusan Teknik Mekatronika harus mampu menjawab tantangan kebutuhan industri. Jadi, setiap lulusannya disiapkan untuk menjadi tenaga yang ahli dalam pembuatan sistem otomasi di industri produksi dan manufaktur, gedung perkantoran, otomasi di sistem transportasi dan lain sebagainya.

Lulusan jurusan Teknik Mekatronika memiliki peluang karier yang terbuka luas karena hampir seluruh sektor industri di dunia membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Peluang bekerja di industri pertambangan, otomotif, mesin-mesin industri, elektronik dengan menjadi teknisi, analis atau konsultan. Jika tidak menjadi tenaga profesional yang menerapkan ilmu ini, bisa juga menjadi tenaga pengajar di SMK atau menjadi dosen di perguruan tinggi.

Humas Kampus STT YBSI Reni Ressy mengatakan, Prodi Teknik Mekatronika di STT YBSI ini merupakan kampus pertama dan satu-satunya di Jawa Barat. Selain itu merupakan kampus kedua se-Indonesia yang memiliki Prodi Teknik Mekatronika.

Pihaknya ingin menjadikan alumninya unggul dan berkualitas dalam bidang teknologi dan otoA­masi. “Harapan kami, semoga daA­pat menghasilkan lulusan yang berkembang dan berinovasi untuk menghadapi tantangan dampak masa depan digital. Selain itu dapat berkontribusi untuk masyarakat dan pembangunan bangsa,” katanya. (rls/na)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: