BUMDes di Kota Banjar Kurang Sehat, Kukun: Perlu SDM Handal

BUMDes di Kota Banjar Kurang Sehat, Kukun: Perlu SDM Handal

DOSEN Ilmu Hukum STAI Miftahul Huda Al Azhar Citangkolo Kota Banjar Kukun Abdul Syakur SH, MH CHRMP angkat bicara soal terpuruknya BUMDes di Kota Banjar. Menurut dia, untuk menyehatkan BUMDes dibutuhkan langkah konkret diantaranya dengan membenahi tata kelola dan kelembagaan yang optimal.


“BUMDes yang dikelola dengan baik dan memiliki kinerja optimal akan sangat berperan untuk menumbuhkan ekonomi desa,” kata dia, Selasa (18/5/2021).

Semua pihak, kata dia, harus memiliki sikap untuk segera menyelesaikan perA­soalan yang ada. “Karena tanpa diA­selesaikannya perA­soalan yang ada, BUMDes yang sedang kita jaA­lankan tidak daA­pat dilanjutkan. PengA­halang yang ada ini, harus diselesaikan sampai tuntas, baru pelan-pelan melaju kembali,” kata dia.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pembenahan di daA­lam internal sisA­tem unit usaha BUMDes. Seperti meA­maksimalkan peran sistem akunA­tansi untuk memA­benahi keA­uangan BUMDes.

“Lakukan berA­baA­gai perampingan dari instrumen yang membuat terjadinya pemborosan keuangan unit usaha BUMDes. Buang semua yang tidak dapat memberikan profit dari unit usaha BUMDes. Kemudian mulailah kembali memulihkan bisnis dengan rencana yang sudah disiapkan setelah pembenahan tersebut,” ujarnya.

Pandangan dia, perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia, salah satunya dengan mengikuti atau mengadakan pelatihan yang sesuai dan tepat sasaran. “Saya melihat hingga saat ini masih banyak BUMDes yang belum ditunjang oleh kualitas sumber daya manusia yang memadai,” ujarnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: