Lomba Pukul Bedug di Sindangmulya Kota Banjar, Suami Istri Ikut Bertanding..

Lomba Pukul Bedug di Sindangmulya Kota Banjar, Suami Istri Ikut Bertanding..

BANJAR - Upaya melestarikan tradisi bedug, warga RW 10 Dusun Sindangmulya Desa Kujangsari Kecamatan Langensari, gelar lomba pukul bedug, Minggu (09/05/2021) malam di masjid Al Huda.

Nampak para peserta, mulai dari remaja, pemuda, bapak-bapak bahkan ibu-ibu pun turut berpartisipasi mengikuti perlombaan tersebut dan suasana pun tampak meriah. 

Ketua panitia, Olih Muslihin mengatakan lomba bedug tingkat RW ini diikuti sebanyak 8 grup. 

Kegiatan dilaksanakan seusai melaksanakan salat taraweh berjamaah. 

"Tujuannya agar para pemuda menjadi  kreatif dan inovatif menabuh bedug. Jangan sampai meningalkan tradisi," kata dia kepada radartasik.com, Senin (10/05/21). 

Meski diadakan secara sederhana namun antusias peserta sangat luar biasa. 

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antar jamaah mushola atau DKL. 

Karena semua DKL memiliki bedug dan kokol (kentongan). Hingga saat ini masih dijaga oleh masyarakat di RW 10 Dusun Sindangmulya Desa Kujangsari. 

"Malam itu juga kita umumkan juaranya. Malah suami istri juga ikut, namun beda grup. Kalah juara istrinya daripada suaminya," katanya. 

Pemenang lomba tabuh bedug pun diumumkan malam itu. Juara pertama oleh RT  01, juara kedua RT 02 dan juara ketiga RT 06. 

Dirinya mengharapkan para pemuda dan masyarakat lebih mencintai seni memainkan bedug dan kentongan. Terlebih jika diaransemen ulang lebih kreatif lagi. 

"Ya karena tidak semua bisa memainkan bedug. Melainkan ada tekniknya tersendiri sehingga menghasilkan suara yang bagus," ujarnya. 

(anto sugiarto/radartasik.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: