THR Honorer di Kota Banjar Bisa Dicairkan

THR Honorer di Kota Banjar Bisa Dicairkan

BANJAR — Honorarium ke 14 tenaga honorer atau familiar disebut THR lebaran akhirnya bisa dicairkan. THR sebesar gaji satu bulan tenaga honorer itu kemungkinan bisa dicairkan sebelum lebaran, tergantung cepatnya usulan dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).


“Hasil rapat TAPD bersama wali kota diputuskan untuk honorarium keempat belas bisa dicairkan. Kebijakan diambil setelah konsultasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemprov Jabar juga bisa membayarkan honorarium keempat belas,” kata Kepala Bidang Anggaran Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Banjar Suyitno di ruang kerjanya, Jumat (7/5/2021).

Ia mengatakan Pemerintah Kota Banjar melalui dinas dan badan sudah mengusulkan dalam APBD murni untuk honorarium keempat belas. Besarannya kurang lebih sekitar Rp 2 miliar.

Namun yang menjadi kekhawatiran sebelumnya pemkot tidak bisa mencairkan lantaran terganjal Peraturan Pemerintah (PP). Namun akhirnya bisa dicairkan setelah mengikuti langkah pemerintah provinsi.

“Hasil konsultasi dengan provinsi, ketua TAPD menyampaikan ke wali kota kemudian wali kota setuju. Proses pengajuan pencairan sudah bisa dimulai hari ini (kemarin, Red) oleh masing-masing OPD ke bagian perbendaharaan daerah,” katanya.

Kata dia, soal aturan dikembalikan lagi ke pemerintah daerah. Seperti halnya pemerintah provinsi. Terlebih standar harga honorarium yang sudah disahkan dalam APBD tahun ini juga merupakan harga yang sesui standar peraturan wali kota yakni Rp 1,2 juta.

“Selain itu juga pertimbangannya dari sisi kemanusiaan, kemudian perputaran ekonomi serta anggaran yang disiapkan sudah sesuai dengan standar harga sesuai perwal,” ucapnya.

Ia menargetkan seluruh OPD sudah mengusulkan pencairan honorarium keempat belas maksimal Senin (10/5/2021), supaya anggaran bisa diterima tenaga honorer sebelum lebaran. “Supaya honorarium ini bisa ditransfer ke rekening masing-masing honor oleh bendahara dinasnya sebelum lebaran,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Kota Banjar H Kaswad mengatakan ada sekitar 2.019 jumlah tenaga honorer yang bekerja di lingkup Pemkot Banjar. “Jumlahnya ada sekitar 2.019 orang,” ujarnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: