Belajar Tatap Muka di Kota Banjar, Kapasitas Siswa Akan Ditambah

Belajar Tatap Muka di Kota Banjar, Kapasitas Siswa Akan Ditambah

BANJAR — Libur sekolah tingkat SD dan SMP akan segera tiba. Sesuai kalender pendidikan, libur akan dimulai 8 hingga 23 Mei 2021.


Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar Ahmad Yani mengatakan libur harus dimanfaatkan siswa untuk tetap belajar. Terlebih libur kali ini berbarengan dengan larangan mudik lebaran.

Ia mengatakan pascalibur sekolah, ada 42 dari 82 SD negeri maupun swasta yang melaksanakan pelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Sementara jumlah SMP ada 13 dari 25 sekolah yang sama-sama melaksanakan PTM.

“Uji coba PTM masih tetap dilaksanakan setelah siswa masuk lagi pascalibur sekolah. Jumlah dan ketentuannya tetap sama. Menerapkan prokes yang ketat, jumlah siswa yang hadir di sekolah mengikuti PTM sebanyak 30 persen dari total siswa satu kelas,” katanya, Kamis (6/5/2021).

Kelas yang melaksanakan PTM di antaranya kelas 4 dan kelas 6 SD. Kelas 4, kata dia, laksanakan PTM karena akan assessment kompetensi minimal (AKM). Kemudian kelas 6 karena mau ujian sekolah.

“Pelaksanaan uji coba PTM sudah dimulai sejak November 2020 dan sejauh ini masih aman. Ketika ada beberapa sekolah yang gurunya kena Covid-19 juga langsung di-off-kan, semua dites antigen,” katanya.

Ia menjelaskan tahun ajaran baru pada Juli, pihaknya akan menambah jumlah kapasitas siswa saat PTM dalam satu ruang kelas. Yakni 50 persennya dari jumlah siswa dalam satu kelas.

“Nanti ketika ajaran baru jadi 50 persen kapasitasnya karena sudah ada perintah dari kementerian terkait akselerasi PTM,” ujarnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: