Kasat Lantas: Besok HZ tidak Macet

Kasat Lantas: Besok HZ tidak Macet

KOTA TASIK - Kemacetan ruas Jalan HZ. Mustofa Kota Tasikmalaya, kian menjadi. Khususnya di titik Simpang Jalan Pataruman hingga Simpang Jalan Nagarawangi.

Di Bulan Ramadan ini, kawasan pusat perdagangan itu tak hanya dipadati antrean kendaraan dan parkir kendaraan. Aktivitas masyarakat untuk berbelanja dan berjualan pun tak terbendung.

Untuk melintas Jalan HZ. Mustofa --Taman Kota-- hingga Simpang Jalan Nagarawi, menghabiskan waktu lebih dari 30 menit. Hal ini dirasakan langsung Kasat Lantas Polres Tasikmalaya Kota AKP Bayu Tri Nugraha, Sabtu (01/05/2021).

"Sebelum dan saat Ramadan, kami terus mengevaluasi. Kemacaetan di HZ (Jalan HZ Mustofa, red), semakin melelahkan pengguna jalan. Tadi, kami melintas saja sampai lama. Lebih dari 30 menitan," ungkap Kasat Lantas AKP Bayu Tri Nugraha, kepada radartasik.com.

Untuk menjawab permasalah ini, Satuan Lalu Lintas memiliki formula. Khusus di Simpang Jalan Pataruman hingga depan Yogya Dept. Store dipastikan tidak ada kendaraan parkir.

Sedangkan pejalan kaki juga tidak bebas menyeberang jalan dari bahu kiri ke bahu kanan jalan.

"Permasalahannya kan kompleks. Mulai parkir kendaraan yang menumpuk, ada kendaraan melawan arah, bahkan turut menjadi hambatan adalah penyeberang jalan. Orang bisa tiap detik bergantian menyeberang," ungkapnya.

Dari analisa itu, Bayu akan memploting aggotanya di lokasi tersebut. Selanjutnya dari bahu kiri dan kanan jalan akan dipasangi tambang pembatas yang membentang. Tujuannya agar tidak ada penyeberang jalan.

"Besok akan dipasang tolo-tolo pakai tambang. Dari Orbita (Simpang Jalan Pataruman) sampai Yogya Dept Store. Begitu juga ke arah selatan Yogya Dept. Store ke Simpang Jalan Panyerutan. Ya...kira-kira masing-masing 15 meteran," terang dia. "Besok, mudah-mudahan HZ tidak macet," katanya menambahkan.

Penyeberang jalan hanya akan diarahkan pada satu titik, yakni tepat di depan Yogya Dept. Store. "Petugas juga berjaga di sana, sambil mengatur orang yang menyeberang jalan. Jadi tidak seenaknya menyeberang, dan tidak bebas parkir," pungkasnya. (try)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: