Tol Cigatas Trase Kota Tasik, PPTK Segera Sosialisasi Pembebasan Lahan

Tol Cigatas Trase Kota Tasik, PPTK Segera Sosialisasi Pembebasan Lahan

KOTA TASIK - Rencana pemerintah pusat membangun Tol Cileunyi, Garut, Tasikmalaya (Cigatas), tahun ini khususnya untuk trase Kota Tasik memasuki tahap pembebasan lahan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( PUTR) Kota Tasik, Adang Mulyana mengakatan, informasi pemebasan lahan tol ini memang sejak beberapa waktu lalu sudah diketahui pihaknya.

Bahkan, kata dia, dirinya sempat mendampingin Sekda Kota Tasik, Ivan Dicksan, saat menerima kunjungan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Tol Cigatas dari Kementerian PUPR.

"Iya benar apa yang diinformasikan pak Plt Wali Kota (HM Yusuf, Red). PPTK tol sudah datang. Tapi kapan dibebaskan lahannya ya kita belum tahu ya. Karena kita sifatnya diminta membantu saja," paparnya kepada radartasik.com, Jumat (23/04/21) sore.

Terang dia, dalam pertemuan itu sempat dibahas soal berbagai perencanaan pengerjaan Tol Cigatas khusus trase Kota Tasikmalaya. Namun detailnya seperti apa dia tak mengetahuinya.

"Karena kan di sana (KemenPUPR, Red) yang mengerjakannya. Kami di daerah sifatnya hanya membantu saja kang. Tapi katanya nanti akan ada sosialisasi dulu," terangnya.

Adang menambahkan, sosialisasi itu dalam rangka menjelaskan berbagai hal terkait pembebasan lahan. 

Namun lagi-lagi dia pun tak bisa mengungkap detailnya.

"Ya pokoknya nanti ada sosialisasi dulu soal pembebasan lahan tol. Jadi kata Satker (PPTK) pas kemarin ketemu juga mau ada sosialisasi ke masyarakat. Pertemuan dengan Satker itu sebelum puasa," tambahnya. 

Jelas dia, dalam pengerjaan tol ini pihaknya hanya sekadar dimintai saja. 

Karena otoritasinya pengerjaan oleh pusat. Jadi tergantung penugasan nanti ketika sudah mulai berjalan pekerjaannya.

"Tapi sepertinya itu akan dimulai ketika revisi RTRW telah sesuai dengan penlok jalan tol. Kalau perencanaan sudah tak masalah namun tinggal kita fokus nanti dipekerjaannya saja, khususnya pembebasan lahan," jelasnya. 

(rezza rizaldi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: