Anggota DPRD Jabar, Wujudkan Sekolah Berbasis Asrama

Anggota DPRD Jabar, Wujudkan Sekolah Berbasis Asrama

TASIK - Sekolah berbasis pesantren atau asrama jadi salah satu solusi penguatan karakter di dunia pendidikan. Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Johan Jouhar Anwari SSos MSi saat Podcast di Radar TV, Kamis (22/4/2021).


“Solusi pandemi ini sekolah bisa melakukan penguatan karakter berbasis asrama/pesantren. Jadi pembelajarannya mengutamakan akhlak,” katanya.

Untuk itu, ia membangun konsep sekolah berbasis pesantren agar bisa memadukan dua keunggulan, yaitu mendapatkan ilmu pengeA­taA­huan umum dan teknologi, serta memperdalam ilmu agama.

“Dengan begitu, siswa bisa memiliki modal keteramA­pilan hidup. Artinya bisa menjadi generasi yang membawa perubahan,” ujar Johan yang pernah mengelola sekolah berbasis pesantren selama 15 tahun.

Anggota DPRD Provinsi Jabar dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa itu memberikan masukan untuk pemerintah agar sekolah umum membangun asrama. Tujuannya mengajarkan pendidikan karakter yang lebih berkelanjutan.

“Kalau ingin sempurna mendidik siswa memiliki karakter yang utuh, pemerintah bisa bangun asrama untuk sekolah-sekolah umum,” ujarnya.

Selain itu, ia memandang pandemi Covid-19 adalah hikmah untuk dunia pendidikan. Karena bisa meningkatkan kompetensi guru di bidang teknologi dan informasi. “Pandemi ini bisa menaikkan kemampuan guru dalam teknologi dengan membuat e-learning sederhana,” katanya. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: