Hari Raya Idul Fitri, Muhammadiyah Tetapkan Senin 2 Mei 2022

Hari Raya Idul Fitri, Muhammadiyah Tetapkan Senin 2 Mei 2022

Radartasik JAKARTA –Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Agung Danarto, menyampaikan, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H akan jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 M

Hal ini setelah Majelis Tarjih dan Tajdid melakukan serangkaian kajian.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghimbau agar Salat Idul Fitri dan segenap rangkaiannya, seperti takbiran, pelaksanaan zakat fitrah, dan lain sebagainya dapat diselenggarakan dengan khusyu’ dan seksama,” kata Agung dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (25/5).

Agung mengharapkan, seluruh pelaksanaan rangkaian perayaan ibadah pada Idul Fitri 1443 H, harus dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Seperti menggunakan masker dan lain sebagainya.

Dia meminta pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah saat Lebaran ini seharusnya dimanfaatkan dengan bijak. Yakni dengan menjalin silaturahmi setelah 2 tahun. 

“Muslimin dan muslimat dimanapun berada untuk memanfaatkan Hari Raya Idul Fitri ini untuk memelihara silaturahmi dengan mengucapkan salam, atau mengunjungi sanak kerabat dalam rangka untuk menjaga silaturahmi setelah dua tahun terdampak covid-19 tidak sempat untuk melaksanakan silaturahim,” tuturnya.

Sementara itu, bagi pemudik diharapkan untuk tetap waspada dan berhati-hati di jalan hingga selamat sampai tujuan dengan selamat. Ia berpesan bagi pemudik untuk tidak memaksakan diri dalam berkendara.

“Jika badan dirasa sudah lelah dan mengantuk supaya untuk istirahat,” pungkasnya. (jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: