Jalan dan Jembatan Sudah Siap Dilalui 23 Juta Mobil dan 17 Juta Motor Pemudik, Wow

Jalan dan Jembatan Sudah Siap Dilalui 23 Juta Mobil dan 17 Juta Motor Pemudik, Wow

Radartasik, JAKARTA – Mudik Lebaran 2022 akan sangat luar biasa meriah. Bayangkan saja, akan ada 23 juta mobil dan 17 juta motor melaju di jalanan nusantara. Wow.

Bagaimana dengan infrastruktur jalan dan jembatan menghadapi puluhan juta kendaraan itu? 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan prasarana jalan nasional, tol, non-tol serta jembatan siap dilalui pemudik pada Lebaran 2022. 

Hal ini merupakan tanggung jawab pihaknya untuk memberikan kenyamanan pemudik.

“Kelancaran perjalanan mudik ini tergantung pada tiga hal, pertama adalah prasarana infrastruktur yang tersedia, kedua regulasi atau manajemen lalu lintas, ketiga adalah perilaku pengguna prasarana atau pemudik,” kata dia dalam keterangannya, Jumat (22/4/2022) dilansir dari Jawapos.

Basuki Hadimuljono mengatakan, secara umum kesiapan jalan dan jembatan untuk jalur mudik tahun 2022 sudah dalam kondisi yang baik. 

Di Pulau Jawa, seluruh jalan nasional, seperti ruas Pejagan-Purwokerto-Prupuk sudah dalam kondisi bagus dan perbaikan jalan nasional Lamongan-Gresik sepanjang 16 km juga sudah rampung.

Dengan begitu diharapkan tidak terjadi kemacetan di ruas jalan tersebut. 

“Dari Cirebon ke Cilacap sudah bagus sebagai sirip-sirip jalan Pantura, Tengah dan Selatan. Jadi di Pulau Jawa ini ada 3 jalur, Pantura di Utara, Tengah dan Selatan atau jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) dengan pemandangannya yang indah,” kata Basuki Hadimuljono.

Sementara untuk jembatan di Pulau Jawa, terdapat Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang yang baru diresmikan dan Jembatan Ngaglik di Kabupaten Lamongan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang sudah selesai diperbaiki.

Selanjutnya di Sumatera, perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan juga sudah selesai. 

“Saya sudah seminggu lalu ke sana, sudah saya minta ditambah menjadi lima tim untuk perbaikan 150 lubang yang ada, dan sekarang sudah selesai,” ujarnya.

Kemudian, untuk kesiapan jalan tol di Pulau Jawa dan Sumatera, kata dia juga sudah siap 100 persen untuk dilalui. 

“Hanya untuk Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area saja saya instruksikan perlu segera dipasang toilet sementara berupa bilik-bilik toilet, minimal 50 unit untuk pria dan 50 unit untuk wanita agar tidak terjadi antrean di rest area,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos