Mengenal Kucing Flat Headed, Si Kucing Pemakan Rumput

Mengenal Kucing Flat Headed, Si Kucing Pemakan Rumput

Mengenal Kucing Flat Headed, Si Kucing Pemakan Rumput-Ilustrasi-

Selain ikan, kucing berkepala datar juga memakan katak dan krustasea seperti udang-udangan. Mereka sering terlihat bermain atau sekadar duduk di air, serta berenang menyeberangi sungai.

3. Satu-satunya Kucing yang Juga Makan Tumbuhan

Keunikan lain dari kucing berkepala datar adalah kebiasaannya memakan tumbuhan.

BACA JUGA:Nenek di Kota Tasikmalaya Tewas Tertabrak Kereta Api Lodaya

Menurut laman Britannica, mereka adalah satu-satunya spesies dari keluarga kucing yang juga makan buah-buahan dan bahkan ubi. 

Hal ini sangat berbeda dengan kucing lainnya, yang biasanya hanya memakan rumput untuk membantu pencernaan mereka. 

Namun, kucing berkepala datar memang memakan buah dan ubi sebagai bagian dari kebutuhan nutrisi mereka. 

Fakta ini menambah daya tarik tersendiri bagi kucing ini di kalangan para pencinta hewan.

4. Habitat di Asia Tenggara yang Terancam Punah

Kucing berkepala datar memiliki habitat alami di Asia Tenggara, terutama di sekitar Semenanjung Malaka yang mencakup Malaysia, Kalimantan, Sumatra, hingga ke Thailand.

BACA JUGA:Yanto Oce Terima SK PKB, Siap Daftar ke KPU Berpasangan dengan KH Aminudin Bustomi di Pilkada Kota Tasikmalaya

Namun, karena sifatnya yang pemalu dan misterius, sulit untuk mengetahui seberapa luas persebaran kucing ini di alam liar. 

Mereka hidup menyendiri dan diyakini aktif pada malam hari. Di alam liar, mereka paling sering ditemukan di dekat sungai, meskipun sangat jarang terlihat.

Sayangnya, kucing berkepala datar saat ini berstatus terancam punah. Salah satu ancaman terbesar bagi spesies ini adalah polusi air, yang mengurangi jumlah mangsa mereka di habitat alami. 

Selain itu, kerusakan habitat akibat ekspansi perkebunan kelapa sawit yang terus menggeser hutan-hutan asli juga menjadi ancaman serius bagi kelangsungan hidup mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: