RLC Terus Motivasi Siswa Berprestasi di Tengah Pandemi

RLC Terus Motivasi Siswa Berprestasi di Tengah Pandemi

TASIK - Radar Tasikmalaya bekerja sama dengan provider IM3 dan Forum OSIS Jawa Barat (FOJB) dari KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya menutup kegiatan program Radar Leader Class (RLC) Lawan Pandemi Covid-19 melalui aplikasi Zoom, Selasa (30/3/2021).


Kegiatan ini terdapat 10 episode untuk memberikan motivasi kepada siswa agar lebih semangat lagi dalam belajar dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19.

Dilaksanakan selama 3 bulan, pada Januari hingga Maret 2021. Dari episode pertama, bertemakan Peran Media dalam Menangani Pandemi Covid-19 dari Pemimpin Redaksi Radar Tasikmalaya, Usep Saeffulloh.

Episode kedua, bertemakan Kebijakan Pemerintah Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Pemateri, Kepala KCD Wilayah XII Tasikmalaya, Dr Abur Mustikawanto MEd

Episode Ketiga, temanya Pemahaman Hukum dan HAM Berkenaan dengan Hak Anak Atas Pendidikan. Pemateri dari Fungsional Umum pada Bagian Bantuan Hukum dan Kerja Sama Daerah Setda Kota Tasikmalaya, Epi Mulyana SH MH.

Episode keempat, bertemakan Tetap berprestasi dan berorganisasi di masa pandemi Covid-19. Pemateri dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa BEM Universitas Sebelas Maret (UNS) Kota Surakarta periode 2021, Zakky Musthofa Zuhad.

Episode kelima bertemakan Kreatif di Masa Pandemi Covid-19. Dengan pemateri dari Owner Amily Ilham Mauluddin.

Episode keenam bertemakan Bijak Memilih Informasi. Pematerinya dari Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskomknfo) Kota Tasikmalaya, Budhi Hermawan SH MSi.

Episode Ketujuh RLC, temanya Mari menjadi Konselor untuk Teman Sebaya di Masa Pandemi Covid-19. Pematerinya dari Psikolog Anak dan Remaja, Saniatun Aini.

Episode Kedelapan RLC tersebut mempunyai tema Sharing Sessions Tricks to Build a Projects. Pematerinya dari Chief of Public Relation Komunitas Bidan Bergerak, Wini Indriyani.

Episode kesembilan RLC bertema Waktunya Go Internasional. Pematerinya dari Senior Information Specialis Kantor Juru Bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat Indonesia, Indar Juniardi.

Episode kesepuluh mempunyai tema Aku Cinta Bahasa Indonesia. Pematerinya dari Koordinator Peneliti Balai Bahasa Jawa Barat, Sariah MPd MHum.

“Selama 3 bulan ini, kegiatan RLC bisa memotivasi para pengurus FOJB dan siswa lainnya dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan berorganisasi,” kata Koordinator Kegiatan RLC Tina Agustina melalui aplikasi Zoom, Selasa (30/3/2021).

Dengan harapan, siswa yang mengikuti RLC lebih kreatif walaupun di masa pandemi Covid-19. Selain itu mendorong siswa agar bisa membuat kegiatan-kegiatan yang positif.

“Setelah ini, berharap teman-teman bisa memiliki inisiatif dan terus tetap aktif membuat kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan siswa. Bisa dengan mengadakan lomba dai saat Ramadan melalui virtual ataupun lainnya,” ujarnya.

Baca juga : Dana BOS Madrasah Swasta Rp 3,6 Triliun Cair Hari Ini

Intinya, kata ia, RLC ini, menciptakan kelas online yang interaktif di tengah pandemi Covid-19. Karena adanya keterlibatan mentor sesuai bidangnya dan mengutamakan adanya interaksi siswa.

“Lulusan RLC menciptakan pelajar yang percaya diri atau tidak pernah minder. Teruslah melakukan inovasi dan kreativitas di masa pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Selain itu, RLC memberikan apresiasi kepada peserta yang aktif dan rajin mengikuti RLC. Apresiasi tersebut dari provider IM3 dan Radar Tasikmalaya dengan memberikan sertifikat dan tropi untuk tiga besar terbaik dalam mengikuti program RLC.

“Juara satu Pahrian dari SMAN 1 Taraju, juara kedua Firman Purnama dari IAIC Tasikmalaya, dan juara ketiga Cahyani Nurhayati dari SMK Al Falah Tanjungjaya,” ujarnya.

Perwakilan Peserta RLC Pahrian dari SMAN 1 Taraju mengaku merasakan manfaat setelah mengikuti kelas online yang diadakan oleh Radar Tasikmalaya bekerja sama dengan provider IM3 dan Forum OSIS Jawa Barat (FOJB) dari KCD Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya. Ia pun merasakan semangat kembali setelah mengikuti episode demi episode selama tiga bulan.

“Terima kasih untuk semua pihak telah menghadirkan RLC, karena kegiatan seperti ini penting sekali. Manfaatnya memberikan motivasi, sehingga bisa semangat untuk terus meningkatkan belajar yang berkualitas di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Selanjutnya, ia pun berpesan agar pelajar bisa menjaga kedisiplinan protokol kesehatan. Seperti gerakan 5M yaitu; memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: