Mengapa Kucing Sering Usil Ketika Orang Sedang Sholat? Bukan Sekedar Cari Perhatian, Simak 4 Alasannya

Mengapa Kucing Sering Usil Ketika Orang Sedang Sholat? Bukan Sekedar Cari Perhatian, Simak 4 Alasannya

Simak alasan mengapa kucing sering usil ketika orang sedang sholat.-Ilustrasi/Pixabay-

Mengapa Kucing Sering Usil Ketika Orang Sedang Sholat? Bukan Sekedar Cari Perhatian, Simak 4 Alasannya

RADARTASIK.COM - Saat kamu sudah meniatkan diri untuk khusyuk menjalankan sholat, tiba-tiba kucing berulah. Ekstremnya lagi, kuncing naik ke pundak saat kita sedang posisi berdiri atau rukuk.

Sebagai muslim yang memelihara kucing, keberadaan si mpus di sekitar kita saat shalat bisa menimbulkan dilema besar. Meski menurut laman Kementerian Agama, bersenggolan dengan kucing tidak membatalkan sholat, namun hal ini tetap bisa membuat ibadah tidak khusyuk.

Akhirnya pemilik kucing pun bertanya-tanya mengapa kucing sering usil saat orang sedang sholat. Berikut adalah beberapa alasannya.

BACA JUGA: Kisah Abu Nawas Ditantang Lomba Mimpi Indah di Bulan Ramadhan, Hasilnya Membuktikan Kecerdasannya

1. Merasa Hangat dan Menyukai Sensasi Sajadah

Kucing memang memiliki kebiasaan unik yang kadang-kadang sulit dipahami oleh pemiliknya. Salah satunya adalah kecenderungan untuk berbaring atau tidur di atas permukaan yang keras, meskipun ada kasur empuk di sekitarnya.

Menurut Catvills, hal ini bisa terkait dengan preferensi kucing yang menyukai permukaan yang hangat dan keras untuk beristirahat.

Saat si mpus melihat sajadah, mereka mungkin merasa tertarik karena permukaannya yang datar, tidak dingin dan teksturnya yang cocok untuk mencakar. Selain itu, kucing punya indra penciuman tajam dibanding manusia. Sajadah yang sering digunakan memiliki aroma khas yang menenangkan bagi si mpus.

 

Kombinasi dari kenyamanan dan sensasi sajadah inilah yang mungkin menjadi alasan kuat mengapa kucing suka tidur atau duduk di sajadah saat orang sedang sholat.

2. Rasa Aman dan Keterikatan dengan Pemilik

Kucing yang dipelihara cenderung sangat terikat dengan pemiliknya, melihat mereka sebagai sumber kenyamanan dan keamanan. 

Selain itu, orang ketika shalat sering kali mencari atau berada di tempat yang tenang dan terhindar dari bahaya sehingga memberikan rasa aman bagi si mpus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: