Pleno Pemilu 2024 di Ciamis Akan Berjalan 5 Hari, Sirekap Bisa Diedit Jika Ada Perbedaan dengan Formulir D

Pleno Pemilu 2024 di Ciamis Akan Berjalan 5 Hari, Sirekap Bisa Diedit Jika Ada Perbedaan dengan Formulir D

Suasana pleno terbuka hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten Ciamis di Lapang Tenis Indoor, Kamis 29 Februari 2024 kemarin. fatkhur rizqi / radar tasikmalaya--

Pleno Pemilu 2024 di Ciamis Akan Berjalan 5 Hari, Sirekap Bisa Diedit Jika Ada Perbedaan dengan Formulir D

CIAMIS, RADARTASIK.COM - KPU Kabupaten Ciamis sedang menjalankan rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis di Lapang Tenis Indoor, mulai 29 Februari-4 Meret 2024.

Dalam pelaksanakan rapat pleno terbuka yang membutuhkan lima hari ini, terdapat 3.943 titik Tempat Pemilihan Suara (TPS) di 27 se-kecamatan Kabupaten Ciamis. 

Dengan estimasi perharinya ada 9 kecamatan yang diplenokan dengan dimulai pukul 08.00 hingga 21.00. 

BACA JUGA:Menjelajahi 10 Lagu Terbaik SixTONES Pilihan Penggemar Jepang

"Sebetulnya jadwal rekapitulasi ini tingkat Kabupaten sampai 5 Maret. Tetapi mengambil 4 Maret untuk mengantisipasi hal-hal yang perlu diselesaikan seperti perbedaan data dan lain sebagainya, makanya perlu sehari dalam penyelesaian persoalan tersebut," kata Ketua KPU Kabupaten Ciamis Oong Ramdani, Kamis kemarin 29 Februari 2024. 

Terang dia, rapat pleno terbuka di tingkat kabupaten Ciamis ini merupakan hasil rekapitulasi berjenjang. Karena hasil rekapitulasi ini dari tingkatan kecamatan yang menghasilkan formulir D hasil dan disesuaikan dengan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). 

"Ketika ada perbedaan formulir D hasil dengan Sirekap, maka langsung diperbaiki. Proses editing dilakukan oleh PPK, bukan KPU," terangnya.

Artinya, tambah dia, rapat pleno terbuka hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di tingkat Kabupaten Ciamis ini, sebagai patokannya formulir D Hasil dari rekapitulasi tingkat Kecamatan. 

BACA JUGA:Lazio Vs AC Milan: Stefano Pioli Sebut Lazio Tim Besar dengan Performa Kurang Memuaskan

Karena dari proses formulir D hasil ini sudah dicocokkan dari rekapitulasi suara pemilu 2024, mulai dari saksi dan Bawaslu di tingkat kecamatan. 

"Ketika di Sirekap ada perbedaan nantinya bisa diedit sesuai dengan formulir D Hasil," tambahnya.

Selain itu, agar kegiatan rapat pleno ini terjamin keamanan pihaknya pun menggandeng TNI-Polri. Serta untuk menanggulangi kebakaran, sudah ada Damkar Kabupaten Ciamis yang standby. 

"Tentunya pelaksanaan rapat pleno ini sudah dipersiapkan sudah matang, sehingga segala ada gangguan-gangguan tertentu, sudah diantisipasi. Tentunya agar berjalan dengan lancar dan tepat waktu," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: