Kegunaan DTKS Kemensos untuk Apa Saja? Ketahui Juga Cara Daftar DTKS Terbaru 2024

Kegunaan DTKS Kemensos untuk Apa Saja? Ketahui Juga Cara Daftar DTKS Terbaru 2024

Kegunaan DTKS Kemensos untuk apa saja? Ketahui juga cara daftar DTKS terbaru 2024.-ig pusdatin kesos-

Kegunaan DTKS Kemensos untuk Apa Saja? Ketahui Juga Cara Daftar DTKS Terbaru 2024

JAKARTA, RADARTASIK.COM - Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) merupakan data induk yang di dalamnya berisi pemerlu pelayanan sosial.

Selain itu, DTKS Kemensos RI menyimpan data dan informasi penerima bantuan sosial (bansos), pemberdayaan sosial, dan potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Lalu pertanyaannya, kegunaan DTKS Kemensos untuk apa saja? Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi DTKS untuk apa saja, mari simak artinya hingga selesai!

Kegunaan DTKS Kemensos yang paling utama yaitu sebagai dasar bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memberikan bansos atau pemberdayaan.

BACA JUGA:Lorenzo Pellegrini Bermain Seperti Campuran De Bruyne dan Modric, AS Roma Singkirkan Feyenoord

Dengan demikian, DTKS Kemensos ini menjadi acuan pemerintah dalam menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat.

Masyarakat yang telah terdaftar di DTKS Kemensos berkesempatan untuk mendapatkan bantuan sosial ataupun bantuan pendidikan nasional dari pemerintah.

Untuk mengetahui apakah telah terdaftar di DTKS Kemensos atau tidak, masyarakat dapat melakukan pengecekan DTKS secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

Apabila, data yang Anda masukkan di aplikasi Cek Bansos tersedia, maka masyarakat tersebut telah terdaftar di DTKS Kemensos.

BACA JUGA:Persib Bangkit Lawan Barito Putera, Ingin Hapus 3 Kali Imbang di Laga Sebelumnya di Liga 1

Jadi kesimpulannya, kegunaan DTKS Kemensos ini yaitu dasar pemerintah untuk memberikan bantuan sosial dan pemberdayaan kepada masyarakat, terutama masyarakat miskin ataupun rentan miskin.

Melansir akun Instagram Pusdatin Kesos, ada beberapa jenis program bansos dan pemberdayaan yang disalurkan pemerintah kepada masyarakat melalui DTKS Kemensos tersebut.

Berikut ini jenis bansos dan bantuan pemberdayaan yang disalurkan kepada masyarakat yang terdaftar di DTKS Kemensos:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: