Gadget Media Dakwah Santri di Kota Tasik

Gadget Media Dakwah Santri di Kota Tasik

TASIK - Santri di era Revolusi Industri 4.0 mesti menguasai teknologi informasi, salah satunya mahir menggunakan gawai. Manfaatnya santri bisa kreatif, inovatif dan adaptif terhadap nilai-nilai baru yang baik sekaligus teguh menjaga tradisi dan nilai-nilai lama yang baik.


Untuk itu, Rumah Yatim Indonesia (RYI) Kota Tasikmalaya menyeA­lenggarakan Kelas Motivasi, Sabtu (27/3/2021) malam. Kegiatan ini mengambil tema Gadget sebagai Media Dakwah Santri.

Humas RYI Kota Tasikmalaya Rohmatuloh menjelaskan, kelas motivasi ini untuk optimalisasi penggunaan gawai di kalangan santri. Gawai (gadget) ini bisa sebagai media dakwah, belajar bahasa asing dan mengembangkan kewirausahaan.

“Santri di sini boleh membawa gadget. Namun penggunaannya terbatas dalam satu Minggu hanya satu hari saja,” katanya kepada Radar, Sabtu (27/3/2021), malam.

Oleh karenanya kelas motivasi ini penting, dengan keterbatasan tersebut bukan hanya memainkan gadget untuk menghubungkan keluarga saja, tetapi santri bisa menambah wawasan.

Baca juga : GOW Kota Tasik Optimalkan Peran Ibu Sekaligus Pengajar

Kemudian, tujuan kegiatan juga sebagai wadah pembelajaran kepada seluruh santri agar bisa menggunakan gawai secara bijak.

“Harapannya santri bisa ikut berpartisipasi dalam memanfaatkan ruang aplikasi yang ada di gadget. Supaya bisa mengisi pesan hikmah, pembelajaran dan hiburan positif,” katanya.

Karena gawai ini, terhubung dengan internet yang bisa memunculkan berbagai macam hal, dari ilmu pengetahuan hingga sampah atau informasi negatif.

“Dengan begitu santri mendapatkan pemahaman tentang fungsi utama gadget. Terlebih pembelajaran yang harus dilakukan secara daring akibat dari dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya, kelas motivasi ini agar santri memanfaatkan gawai dengan baik dan benar, karena dalam berselancar di udara harus taat aturan online yaitu sesuai Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU-ITE). (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: