Longsor Tutup Jalan Penghubung Dua Desa di Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

Longsor Tutup Jalan Penghubung Dua Desa di Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

Tim gabungan bersama warga mengevakuasi material longsor yang menutup jalan penghubung dua desa di Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu 7 Januari 2023. istimewa--

Longsor Tutup Jalan Penghubung Dua Desa di Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Hujan deras dengan intensitas waktu yang cukup lama pada Sabtu 6 Januari 2023 kemarin di wilayah Kabupaten Tasikmalaya menyebabkan bencana longsor.

Longsor dari tebing ini menyebabkan akses Jalan penghubung dua desa yakni Pusparaja-Nangtang tertutup material longsor di Kampung Kukulan, Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang. Akibatnya akses kendaraan tertutup.

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetia mengatakan, bencana longsor ini terjadi pada Sabtu 6 Januari 2023 malam tepatnya pada pukul 19.40. 

BACA JUGA:Catatkan Kinerja Cemerlang di 2023, BRI Raih Lebih dari 200 Penghargaan, 53 Diantaranya Bertaraf Internasional

Namun karena kondisi lokasi bencana ini gelap dan berbahaya, evakuasi dilakukan pada Minggu 7 Januari 2023 pagi. 

"Penanganan longsor baru kita laksanakan hari ini yang dimulai pada pukul 07.00 tadi," katanya saat dihubungi radartasik.com.

Akibat longsor tersebut selain akses jalan tertutup dan tidak bisa dilewati kendaraan, juga menyebakan kerusakan saluran air pembuangan yang berada di bawah tebing.

Saluran air pembunganan itu tertutup material longsor dan sebagian tembok pembatas jalan roboh akibat tertimpa material longsor.  

BACA JUGA:HP 3 Jutaan dengan Kamera 50 MP OIS, Samsung Galaxy A25 5G Rilis di Indonesia

"Untuk Volume longsor memiliki panjang 12 meter dengan tinggi 17 meter," tambahnya.

Selain itu, longsor ini juga menyebakan aktivitas perekonomian warga di dua desa terganggu, terutama para pedagang yang akan melintasi lokasi. 

"Evakuasi longsoran saat ini masih dilakukan bersama tim gabungan. Semoga bisa cepat tuntas ya," jelas Jembar.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: