3 Gerobak, Buah Tangan Warga Binaan Lapas Banjar Hadiah untuk Pelaku UMKM

3 Gerobak, Buah Tangan Warga Binaan Lapas Banjar Hadiah untuk Pelaku UMKM

Radartasik, BANJAR – Kemurahan hati untuk berbagi di momen Ramadhan, tidak hanya datang dari kalangan ekonomi kelas atas. Warga binaan juga ternyata mampu memberi terhadap sesama, lewat buah tangannya berupa sebuah gerobak

Ada tiga gerobak yang dihadiahkan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Lapas. Sementara gerobak tersebut dibuat hasil keterampilan para narapidana yang menjadi warga binaan di Lapas IIB Banjar. 

Dengan begitu, pelaku UMKM bisa memanfaatkan sebagai modal untuk berjualan. 

"Ini bentuk sinergi antara masyarakat dengan Lapas Banjar, sementara baru tiga gerobak yang diberikan," kata Kalapas Banjar Muhammad Maulana kepada wartawan, Jumat (22/4/2022) di halaman Lapas Banjar. 

Gerobak tersebut merupakan bantuan dari internal Lapas Banjar. Sebelumnya, gerobak tersebut hasil karya warga binaan yang telah mendapat pelatihan pihak Lapas. Termasuk difasilitasi pihak Lapas. 

"Harapan kita, agar masyarakat bisa membuang jauh-jauh image negatif bahwa Lapas Itu menakutkan. Padahal berbeda,  disini mereka yang menjalani proses hukum diberi pembinaan," jelasnya. 

Tak hanya masyarakat atau pelaku UMKM yang mendapat bantuan dari Lapas ini. Warga binaan juga mendapat bantuan sembako dalam rangka amal bakti Pemasyarakatan ke-58.

Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana yang turut menyaksikan, mengapresiasi apa yang dilakukan Lapas Banjar. Menurutnya hal ini merupakan bentuk sinergitas yang harus dijalin semua pihak.

"Terlebih gerobak yang diberikan ke pelaku UMKM merupakan buatan warga binaan. Karena setelah diberi skill, sebagai bekal mereka kembali ke masyarakat," tuturnya.

Ini merupakan kolaborasi yang luar biasa sehingga warga binaan memiliki skill yang bisa diimplementasikan saat terjun ke masyarakat sebagai bekal hidup nanti.

Saat ini Kemenkumham telah merubah image Lapas tidak lagi menakutkan. Melainkan memberikan edukasi dan karya hasil warga binaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: