TERUNGKAP, Kenapa Hari Jadi Persib Jadi 1919 Bukan Lagi 1933, Ini Kata Guru Besar Unpad Prof Kunto Sofianto

TERUNGKAP, Kenapa Hari Jadi Persib Jadi 1919 Bukan Lagi 1933, Ini Kata Guru Besar Unpad Prof Kunto Sofianto

Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad) Prof Kunto Sofianto Ph.D (kanan) dan CEO Persib Glen T Sagita saat pengumuman Hari Jadi Persib 5 Januari 1919, bukan lagi 14 Maret 1933. Foto: Persib--

Tim Peneliti Hari Jadi Persib dipimpin Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran (FIB Unpad) Prof Kunto Sofianto Ph.D di Graha Persib, Minggu, 17 Desember 2023.

Kenapa hari jadi Persib jadi 5 Januari 1919? Karena, kata Prof Kunto Sofianto, setelah tim selesai melaksanakan penelitian soal hari jadi Persib.

BACA JUGA: 2 Alasan yang Membuat Pemilik AS Roma Tak Segera Memperpanjang Kontrak Jose Mourinho

BACA JUGA: Dengan Kamera 200MP Nokia 6600 5G Ultra Rilis Dengan Harga Murah?

Adapun tim Peneliti Hari Jadi Persib itu beranggotakan Dr Miftahul Falah M.Hum, Budi Gustaman Sunarya M.A, Iqbal Reza Satria S.H, M.I.P dan Muhammad Ridha Taufiq Rahman, S.IP., MA. 

Para peneliti Hari Jadi Persib melakukan kajian ilmiah yang merujuk pada sumber primer dan  sumber sezaman.

"Riset hari jadi ini dilakukan untuk menjawab keresahan dan bahkan keraguan yang muncul dalam satu dekade terakhir, terutama dari pegiat literasi, jurnalis dan Bobotoh Persib karena tidak adanya bukti otentik dasar penetapan hari jadi Persib pada tanggal 14 Maret 1933," jelas Prof. Kunto Sofianto dilansir dari laman resmia Persib.

Persib (Bandoengsch Inlansch Voetbal Bond/BIVB) yang dinarasikan sebagai salah satu dari 7 perserikatan (bond) pendiri PSSI pada 19 April 1930, kata Prof. Kunto Sofianto, menjadi alasan lain dilakukan kajian ilmiah soal hari jadi Persib.

Karena secara logika, sebagai pendiri PSSI, Persib harus lahir lebih dulu dari PSSI

“Dalam perspektif historis, tanggal 14 Maret 1933 yang selama ini diyakini sebagai hari jadi Persib, tidak berdasarkan fakta sejarah (ahistoris) apabila dikaitkan dengan peran BIVB dalam proses pendirian PSSI pada tanggal 19 April 1930," kata Prof. Kunto Sofianto.

Sejatinya, kata Prof. Kunto Sofianto, ada 5 titimangsa soal hari jadi Persib.

Namun penetapan hari jadi Persib pada 5 Januari 1919 merupakan hasil interpretasi paling logis.

Mengapa? Karena, kata Prof. Kunto Sofianto, penetapan hari jadi Persib pada 5 Januari 1919 didukung oleh fakta sejarah kuat (primer). 

Sementara itu di luar hari jadi Persib pada 5 Januari 1919, masih ada 4 titimangsa lainnya yaitu 11 Juli 1914, 19 Mei 1923, 22 Oktober 1928 dan 18 Maret 1934.

"Setelah melewati langkah-langkah ilmiah yang lumayan panjang, termasuk uji publik melalui Focus Group Discussion (FGD) secara terbuka, kami berkeyakinan untuk menyimpulkan bahwa tanggal 5 Januari 1919 bisa dijadikan sebagai hari jadi Persib," kata Prof. Kunto Sofianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: