Cara Membaca Kode Ban Motor, Cek Informasi Kecepatan 150 KM Per Jam

Cara Membaca Kode Ban Motor, Cek Informasi Kecepatan 150 KM Per Jam

Begini cara membaca kode ban motor. Informasi kecepatan 150 km per jam berkode P.-Astra Honda-

Cara Membaca Kode Ban Motor, Cek Informasi Kecepatan 150 KM Per Jam

RADARTASIK.COM – Ban merupakan komponen motor yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan. Bank juga berkaitan erat dengan kenyamanan dan keamanan berkendara. 

Karena itu, ban harus mendapatkan perhatian dan perawatan serius supaya berkendara menjadi nyaman dan aman saat melibas berbagai kondisi jalan. 

Pemilik motor juga harus memahami spesifikasi ban terutama saat akan melakukan penggantian ban dengan yang baru karena spesifikasi ban yang terpasang harus sesuai kebutuhan.

BACA JUGA: STNK dan BPKB Motor Listrik Polytron Fox-R Tak Perlu Urus Sendiri

BACA JUGA: TV Digital POLYTRON Turun Harga 26 November 2023, Ada yang Hanya Rp 1 Jutaan

Ukuran ban yang terpasang di motor baru sudah melewati serangkaian penelitian dan pengujian.  Jadi, penggantian ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi anjuran pabrikan motor akan memberi pengaruh pada handling, performa sepeda motor dan kinerja ban itu sendiri.

Penggunaan ukuran ban yang tidak sesuai standar bisa memengaruhi konsumsi bahan bakar seperti penggunaan ukuran ban yang lebih lebar dari standar ukuran yang dianjurkan.

Akibat bertambahnya bobot ban, tapakan ban yang menyentuh permukaan jalan menjadi lebih lebar sehingga meningkatkan daya hambat lebih besar. Kondisi ini akan memaksa mesin bekerja keras sehingga bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. 

Apabila mengganti ban dengan ukuran lebih kecil, maka akan berpengaruh pada daya cengkeram ban ke permukaan jalan karena tapakan ban yang menempel ke aspal menjadi lebih sedikit. Ini bisa menimbulkan risiko ban slip hingga terjatuh. 

BACA JUGA: Nokia N73 5G 2023, Ponsel Tercanggih di Dunia Berikut Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

BACA JUGA: Berikut Keunggulan Redmi Note 13 Pro Max Hp dengan Spek Dewa dan Harga Murah

Dampak lain ketika ukuran ban diganti menjadi lebih kecil adalah pengereman tidak akan maksimal akibat daya cengkeram ban ke aspal saat menerima gaya dorong motor sewaktu mengerem lebih sedikit. Jadi disarankan menggunakan ban dengan ukuran standar pada saat penggantian ban.

Para pemilik kendaraan perlu mengetahui bahwa saat ini ada dua jenis kode ban motor yakni metric dan imperial. Kini ban motor metric cukup banyak beredar di pasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: