Bupati & Wakil Bupati Tasik Terpilih Dilantik Bulan Puasa

Bupati & Wakil Bupati Tasik Terpilih Dilantik Bulan Puasa

BANDUNG - Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya terpilih H Ade Sugianto SIP dan H Cecep Nurul Yakin SPd MAP akan dilantik pada Senin (26/4/2021) tepat di Bulan Ramadan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil.


Kepastian jadwal pelantikan tersebut setelah Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya menerima Surat Mendagri perihal Pelantikan Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota. Surat tertanggal 25 Maret 2021 tersebut sudah ditandatangani Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Akmal Malik atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Dengan nomor surat 131/1921/OTDA itu sudah sampai ke Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang dibawa oleh Sekretariat DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iing Farid Khozin MSi mengatakan, surat usulan pengesahan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya terpilih di Pilkada Tasikmalaya 2020 sudah diserahkan ke Pemerintah Jawa Barat (Jabar) dan Mendagri dan langsung mengirim surat balasan.

“Sekretariat DPRD menindaklanjuti hasil rapat paripurna, terkait pengumuman penetapan bupati wakil bupati Tasikmalaya hasil Pilkada 2020. Kamis (25/3/2021) kita langsung serahkan surat usulan pengesahan ke Biro Pemerintahan Pemprov Jabar,” ujar Iing kepada Radar, Jumat (26/3).

Menurut dia, selain menyerahkan surat pengusulan pelantikan ke Provinsi Jawa Barat, juga sekaligus konsultasi dan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan Kemendagri.

“Alhamdulillah, hasil konsultasi dan koordinasi dengan pihak Pemprov Jabar dan Kemendagri langsung ditindak lanjuti oleh Kemendagri, dengan membalas surat lewat email,” ujarnya, menjelaskan.

Dia menambahkan, Kamis (25/3/2021), hari itu juga Sekretariat DPRD dan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan jawaban atas apa yang diusulkan tentang tanggal pelantikan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya.

Hasil dari konsultasi dan koordinasi, tambah dia, pelantikan akan dilaksanakan Senin 26 April 2021 di Gedung Sate, Kantor Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, sesuai surat dari Mendagri per tanggal 25 Maret 2021.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Heri Suherman mengatakan, bahwa selama menunggu bupati dan wakil bupati Tasikmalaya definitif dilantik, kekosongan kepemimpinan akan diisi oleh pelaksana harian (Plh).

“Maka yang akan mengisi kekosongan tersebut adalah Pelaksana harian (Plh) oleh Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen yang ditetapkan gubernur. Sampai nanti bupati dan wakil bupati definitif dilantik,” tambahnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan, Bawaslu juga sudah menerima informasi kaitan agenda pelantikan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya terpilih di Pilkada Tasik, Senin (26/4).

“Iya intinya pilkada berjalan dengan aman dan lancar, sampai kepada agenda penentuan jadwal pelantikan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya, April nanti sudah ditentukan oleh Mendagri,” ungkapnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: