Awas! Knalpot Bising Jadi Fokus Operasi Zebra Lodaya di Tasikmalaya

Awas! Knalpot Bising Jadi Fokus Operasi Zebra Lodaya di Tasikmalaya

Polres Tasikmalaya melakukan Apel Pasukan Operasi Zebra Lodaya, Senin 4 September 2023. ujang nandar / radartasik.com--

Awas! Knalpot Bising Jadi Fokus Operasi Zebra Lodaya di Tasikmalaya

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Operasi Zebra Lodaya 2023 berlangsung mulai hari ini, Senin 4 September 2023 hingga Minggu 17 September 2023 mendatang.

Dalam operasi ini, beberapa pelanggaran lalu lintas akan menjadi perhatian utama salah satunya adalah penggunaan knalpot bising alias brong.

Tujuan utama dari operasi ini adalah untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, menghindari fatalitas korban laka lantas, dan meningkatkan disiplin berlalu lintas di masyarakat. 

BACA JUGA:11 Fitur Baru Kawasaki Ninja 250 ABS SE Tahun 2024 yang Wajib Kamu Pahami

Sasaran utama Operasi Zebra Lodaya ini merupakan pengendara yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas dengan dampak serius.

"Sasaran utama operasi ini adalah masyarakat pengguna jalan yang dapat berkontribusi pada kecelakaan lalu lintas," ujar Wakapolres Tasikmalaya, Kompol Shohet saat Apel Gelar Pasukan di Mako Polres Tasikmalaya, Senin 4 September 2023.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Tasikmalaya, AKP Abdhi Hendriyatna, menambahkan bahwa sasaran operasi Zebra Lodaya meliputi pengemudi roda dua atau roda empat yang menggunakan handphone saat berkendara.

Lalu, beber Abdhi, pengendara di bawah umur, melawan arus, melampaui batas kecepatan, dan pengemudi yang membawa lebih dari satu penumpang di kendaraan roda dua. 

BACA JUGA:JADI Murah, Transaksi Pakai GoPay di Tokopedia Bisa Dapat Cashback Saldo GoPay Gratis, Simak Caranya

Selain itu, tambah Abdhi, pemotor yang tidak menggunakan Helm Standar Nasional Indonesia (SNI) atau sabuk pengaman di kendaraan roda empat, serta pengemudi yang dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol, juga akan menjadi sasaran operasi ini.

Tak hanya itu kendaraan bermotor roda empat dengan muatan melebihi dimensi yang ditentukan, plat nomor yang tidak sesuai, knalpot bising, dan kendaraan yang tidak memenuhi standar keselamatan jalan akan menjadi sasaran operasi ini.

Abdhi juga menjelaskan bahwa operasi ini akan fokus pada lokasi-lokasi yang sering mengalami kemacetan, pelanggaran lalu lintas, dan kecelakaan lalu lintas. Tindakan tegas akan diambil terhadap parkir sembarangan, balapan liar, dan konvoi kendaraan yang melanggar aturan.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan untuk lebih mematuhi aturan lalu lintas dan berkontribusi dalam menciptakan lalu lintas yang lebih aman selama pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya di Tasikmalaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: