WOW KEREN.. Karang Taruna Cigalontang Tasik Bangun Wisata Camping Ground

WOW KEREN.. Karang Taruna Cigalontang Tasik Bangun Wisata Camping Ground

CIGALONTANG — Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Karang Taruna Bina Taruna menggarap tempat wisata edukasi alam di Bukit Ibin, sehingga kawasan tersebut bisa benar-benar bermanfaat.


Wakil Ketua LMDH KUPS Karang Taruna Bina Taruna Rizki mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai unsur dalam hal pengelolaannya. Hal itu dilakukan karena lahan yang sedang digarap sekarang ini merupakan lahan wilayah hutan lindung desa.

“Iya sekarang masih dalam pembenahan dan untuk pengelolaan eko wisata lahannya mencapai 10 hektare. Kita buat untuk tempat camping ground, karena sudah ada beberapa wisatawan yang datang ke sini dan mereka menginap di lokasi wisata baru tersebut,” ujarnya kepada Radar, Kamis (25/3/2021).

Rizki mengatakan, saat ini belum ada fasilitas yang banyak untuk dinikmati wisatawan, melainkan hanya sebatas mencari suasana dingin dan melihat pemandangan saja. Karena lokasi masih dalam tahap pembenahan.

Dia bersyukur untuk uji coba telah menampung rencana konsep wisata edukasi alam dengan wadah camping ground. Bahkan lokasi tersebut sudah dikunjungi oleh beberapa komunitas pecinta alam.

Dengan terbentuk desa wisata, kata dia, tentunya berharap bisa menjadi alternatif tempat wisata berbasis kearifan lokal. Secara tak langsung akan membuka peluang dan lapangan pekerjaan serta investasi bagi warga sekitar.

“Ini salah satu langkah kita untuk membangun dan menciptakan wisata yang bisa menghidupkan perekonomian warga di desa. Ini cukup potensi ke depannya, sehingga kita betul-betul serius dalam menggarap dan mengelolanya,” kata dia.

Dia berharap pemerintah desa sadar dan memiliki peranan untuk mengelola hutan desa. Kemudian mengarahkan kepada semua elemen yang berperan khususnya yang ada di Desa Cigalontang. (obi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: