Optimalkan Teknologi dalam Peliputan Bencana

Optimalkan Teknologi dalam Peliputan Bencana

TASIK - Dosen Fakultas Komunikasi Universitas Islam Bandung (Fikom Unsiba) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM)  dengan sasaran media massa lokal Radar Tasikmalaya Group di studio Radar TV, Kamis (25/3/2021). 


Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ketat ini mengangkat tema Pemberdayaan Literasi Digital bagi Media Lokal Jawa Barat dalam Mitigasi Kebencanaan. 

Tujuan PKM ini agar para wartawan punya keterampilan, penanganan dan manajemen yang tepat saat melakukan peliputan berita kebencanaan.

Kegiatan PKM diisi dengan materi, antara lain; Literasi Digital dalam Jurnalisme Kebencanaan dari Dr Setiawan Santana MSi, Teknologi Komunikasi dan Manajemen Komunikasi di Era Digital dari Dadi Ahmadi SSos MIKom dan Satya Indra Karsa Drs MIKom, dan Pemanfaatan Aplikasi untuk Pembuatan Berita dalam  Situasi Kebencanaan dari Firmansyah MSi.

Baca juga : Mau Daftar ke Unpad, Ini Jadwal, Cara, Persyaratan dan Biayanya

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dr Setiawan Santana MSi mengatakan, agar mengurangi risiko wartawan dalam peliputan kebencanaan, timnya memberikan bekal pelatihan pemanfaatan teknologi kepada wartawan Radar Tasikmalaya Group.

“Tujuan PKM ini agar wartawan daerah siap menghadapi situasi kebencanaan dengan pelaporan digital,” katanya kepada Radar, Kamis (25/3/2021).

Sambung Setiawan, latar belakang dilaksanakannya PKM ini karena melihat kondisi Jawa Barat sebagai salah satu wilayah rawan bencana.

Maka pihaknya merasa perlu memberikan pemahaman kepada wartawan dalam memitigasi peliputan kebencanaan, salah satunya pemanfaatan teknologi.

“Penting untuk para wartawan mengetahui mitigasi kebencanaan di era digital, karena dapat membantu penyampaian informasi lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu pun, tim PkM Fakultas Komunikasi dari Unisba mampu menggunakan metode pelatihan dan penyuluhan serta dialog interaktif. Hal ini untuk mendorong peserta lebih kreatif, inovatif, partisipatif dan membangun kerja sama.

“Harapannya para wartawan lebih memahami dan mengaplikasikan jurnalisme mitigasi kebencanaan dalam peliputannya,” katanya.

Pemimpin Redaksi Radar Tasikmalaya  Usep Saeffulloh menyampaikan, pelaksanaan PkM Fakultas Komunikasi Unisba ini sangat bermanfaat karena memberikan wawasan teori untuk memahami jurnalistik kebencanaan.

“Dengan begitu bisa menerapkan peliputan kebencanaan dengan aman dan mampu mengoptimalkan teknologi,” ujarnya saat sambutan.

Ia pun mengapresiasi Fikom Unisba karena telah meningkatkan kompetensi dan pemahaman para jurnalis Radar Tasikmalaya baik cetak, digital, online dan televisi dalam menjalankan pekerjaannya di bidang jurnalistik. (riz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: