3 ‘Harta Karun’ dari Jawa Barat Ada Hasil Peninggalan Kerajaan Tarumanagara

3 ‘Harta Karun’ dari Jawa Barat Ada Hasil Peninggalan Kerajaan Tarumanagara

Kompleks Candi Cangkuang di Garut salah satu peninggalan ‘harta karun’ dari Jawa Barat berupa candi.-Foto: tangkapanlayar/dok candi indonesia seri jawa-

3 ‘Harta Karun’ dari Jawa Barat Ada Hasil Peninggalan Kerajaan Tarumanagara

RADARTASIK.COM - Ada ‘Harta karun’ dari Jawa Barat yang ditemukan sekitar tahun 1984-1985 di Desa Sukaindah, Sukatani Bekasi Jawa Barat.

Peninggalan ‘harta karun’ dari Jawa Barat ini berupa sebuah candi yang ditemukan di sekitar pesawahan dan perkampungan.

Warga setempat menyebutnya unur. Bentuknya seperti gundukan tanah berbukit, dan diperkirakan ada lebih dari 30 candi yang ada di wilayah ini.

BACA JUGA:Setengah Pemain Inti Persib Absen, Ini Harapan Bojan Hodak kepada Para Pemain Pengganti Lawan PSIS Semarang

Ditemukan oleh tim arkeolog dari Universitas Indonesia, Candi Batujaya pada saat ditemukan hanya berbentuk pondasi atau kaki candi.

Dengan bentuk bujur sangkar, empat perseg panjang dan ada juga yang bentuknya persegi delapan.

Candi Batujaya ‘harta karun’ dari Jawa Barat ini sudah ditemukan dengan sistem pembangunan menggunakan bata. Teknologinya disebut studio yang juga ada relief-relief pada dinding candinya.

Bahkan tidk hanya itu saja, pembangunan Candi Batujaya j diprediksi juga menggunaka teknologi beton yang berupa campuran semen kapur dengan batu kerikil dan digunakan untuk lantai juga halaman candi.

BACA JUGA:6 Pemain Persib Absen Lawan PSIS Semarang, Bojan Hodak Andalkan Pemain Cadangan, Kalau Naturalisasi?

Di dinding Candi Batujaya ini ada relief-relief beberapa tokoh kebudhhaan, ada juga arca-arca bentuk kepala binatang, tokoh kedewataan yang terbuat dari studi.

Di ‘harta karun’ dari Jawa Barat yang satu ini juga ditemukan prasasti yang digoreskan pada lempengan emas kecil, lempengan terakota juga pada bata yang berisi bebagai ajaran agam Buddha tentang karmma.

Kemungkinan ‘harta karun’ yang satu ini di bangunan pada abad ke-2 hingga ke 4. Ini pun terlihat dari adanya sisa-sisa kubur yang masih utuh disertai dengan bekal kubur berupa tembikar dari India Selatan.

‘Harta karun’ dari Jawa Barat lainnya adalah Candi Cibuaya di Karawang Jawa Bart. Ada tujuh kompleks Andi yng ditemukan sebagai ‘harta karun’ dari Jawa Barat. Penduduk setempat menyebutnya Lembah Duwur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: