Tembok Berlin Mulai Dibangun Hari ini di Masa Lalu

Tembok Berlin Mulai Dibangun Hari ini di Masa Lalu

Tembok Berlin saat mulai di bangun. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Tembok Berlin Mulai Dibangun Hari ini di Masa Lalu

RADARTASIK.COM - Tembok Berlin yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur mulai dibangun oleh pemerintah Jerman Timur pada 13 Agustus 1961, hari ini di masa lalu.

Tembok Berlin adalah sebuah struktur beton yang dibangun oleh Jerman Timur pada tahun 1961 selama periode Perang Dingin

Tembok ini berfungsi sebagai penghalang fisik yang memisahkan Berlin Timur yang dikuasai oleh Jerman Timur komunis dan Berlin Barat yang dikuasai oleh Jerman Barat demokratis dan kapitalis.

BACA JUGA:DON’T MISS IT! Presale 2 Tiket Konser Dewa 19 di Kota Tasikmalaya Dibuka Besok!

Tembok ini dibangun sebagai respons terhadap jumlah besar penduduk Jerman Timur yang bermigrasi ke Berlin Barat melalui Berlin yang merupakan kota terbagi di antara kedua blok. 

Pemerintah Jerman Timur menyebut tembok ini sebagai "Tembok Perlindungan Antifasis" untuk menghindari pelarikan penduduknya.

Selama hampir tiga puluh tahun, Tembok Berlin menjadi simbol pemisahan politik, ideologi, dan fisik antara dunia Timur dan Barat. 

Banyak penduduk Jerman Timur yang berusaha melarikan diri dari rezim komunis melalui cara-cara yang berbahaya dan sering kali berisiko, mengakibatkan kehilangan nyawa.

BACA JUGA:Daftar Pemain Persib Absen Lawan Barito Putera Jadi Ujian Kecerdasan Bojan Hodak, Ini Respons Rahmad Darmawan

Pada akhirnya, pada tanggal 9 November 1989, tekanan dari masyarakat dan perubahan situasi politik memaksa pemerintah Jerman Timur untuk membuka perbatasan dengan Jerman Barat. 

Orang-orang dengan sukacita meruntuhkan tembok secara fisik dan peristiwa ini dianggap sebagai awal dari reunifikasi Jerman yang terjadi pada tahun 1990. 

Runtuhnya Tembok Berlin juga menjadi simbol penting dalam mengakhiri Perang Dingin dan perubahan besar dalam sejarah Eropa.

Struktur beton Tembok Berlin ini memanjang sekitar 155 kilometer dan tingginya sekitar 3,6 meter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: