Penemu Telepon Genggam Pertama Beri Nasihat Buat yang Kecanduan

Penemu Telepon Genggam Pertama Beri Nasihat Buat yang Kecanduan

Martin Cooper, penemu telepon genggam pertama beri nasihat buat yang kecanduan.-Ilustrasi/Tokopedia-

Penemu Telepon Genggam Pertama Beri Nasihat Buat yang Kecanduan

RADARTASIK.COMMartin Cooper, penemu telepon genggam yang pertama memberikan nasihat bagi mereka yang merasa terlalu ketergantungan pada ponsel mereka.

Dia menyarankan agar semua orang mencari kegiatan lain daripada menghabiskan terlalu banyak waktu dengan gadget di tangan.

Cooper mengemukakan pandangannya ini setelah terkejut mendengar pembawa acara BBC Breakfast menghabiskan 5 jam per hari dengan ponsel.

BACA JUGA: Energi Positif Levy Madinda Berlanjut di Persib: Bermain di Rumah, Kami Siap Mengerahkan Segalanya

”Apakah ini benar? Apakah Anda menghabiskan 5 jam sehari? Cari kehidupan lain!,” ujarnya saat berbicara dalam acara BBC Breakfast.

Meskipun ia adalah pencipta ponsel, Cooper mengungkapkan bahwa dalam kehidupan sehari-harinya, hanya sekitar 5% waktunya yang dihabiskan untuk bermain dengan ponsel.

Sebuah laporan dari firma riset data.ai ’State of Mobile 2023’ menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai ’pecandu HP’ di dunia. 

Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 5,7 jam per hari untuk menggunakan ponsel, yang mengalami peningkatan dari capaian tahun 2021 sebesar 5,4 jam per hari.

BACA JUGA: Inilah 6 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengkonsumsi Telur Ayam

Kecanduan penggunaan ponsel ini telah meningkat tajam selama periode pandemi.

Cooper yang menciptakan ponsel Motorola DynaTAC 8000X emiliki niat untuk menciptakan perangkat yang dapat dibawa kemana saja, mengingat pada awalnya telepon terhubung dengan mobil.

Ide ini mendorongnya untuk menciptakan ponsel yang ukurannya lebih kecil, bisa dimasukkan ke dalam saku, namun masih dapat digunakan dengan ditempelkan ke telinga dan mulut serta memiliki nomor telepon sendiri.

Sebagai informasi bahwa pada tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola menciptakan sejarah dengan melakukan panggilan telepon seluler pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: