Richard Nixon Menjadi Presiden Amerika Serikat Pertama yang Mundur dari Jabatannya, Hari ini di Masa Lalu

Richard Nixon Menjadi Presiden Amerika Serikat Pertama yang Mundur dari Jabatannya, Hari ini di Masa Lalu

Richard Nixon menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang mundur dari jabatannya. Istimewa-tangkapan layar ponsel--

Richard Nixon Menjadi Presiden Amerika Serikat Pertama yang Mundur dari Jabatannya, Hari ini di Masa Lalu

RADARTASIK.COM - Richard Nixon menjadi Presiden Amerika Serikat pertama yang mundur dari jabatannya. Richard Nixon mengundurkan diri pada 9 Agustus1974. Wapres Gerald Ford menggantikan Nixon.

Richard Nixon lahir pada tanggal 9 Januari 1913 di Yorba Linda, California. Ia adalah seorang politikus dari Partai Republik dan memiliki karier yang panjang dalam dunia politik Amerika Serikat.

Pada tahun 1946, Nixon terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat. Pada tahun 1950, ia menjadi senator California.

BACA JUGA:Resmi Rilis Oppo Reno 10 Series Ini Spesifikasi Lengkap Dan Harganya

Namun, popularitasnya semakin meroket saat ia menjadi Wakil Presiden di bawah Presiden Dwight D. Eisenhower dari tahun 1953 hingga 1961.

Nixon mencalonkan diri dalam pemilihan presiden pada tahun 1960, tetapi kalah dari John F. Kennedy. Namun, ia kembali mencalonkan diri pada tahun 1968 dan berhasil memenangkan pemilihan presiden. Ia menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-37 dari tahun 1969 hingga 1974.

Pada masa jabatannya, Nixon menghadapi berbagai tantangan seperti Perang Vietnam dan perjuangan hak sipil. Namun, skandal Watergate menjadi titik balik dalam sejarahnya. 

Skandal ini melibatkan upaya untuk merusak dan mengintervensi penyelidikan atas peretasan kantor partai Demokrat oleh tim kampanye Nixon. 

BACA JUGA:Aji Santoso Diistirahatkan Manajemen, Persebaya Kembali ke Jalur Kemenangan, Uston Nawawi: Kuncinya 3 K

Tekanan publik dan tekanan politik menyebabkan Nixon mengumumkan pengunduran dirinya pada tanggal 8 Agustus 1974. Ia adalah presiden pertama Amerika Serikat yang mengundurkan diri.

Setelah pengunduran dirinya, Nixon menghabiskan sisa hidupnya menulis buku, memberikan ceramah, dan terlibat dalam kegiatan amal. 

Ia meninggal dunia pada tanggal 22 April 1994 di New York. Meskipun kontroversial, sejarah Nixon mencakup kontribusi dan pengaruh yang signifikan dalam politik Amerika Serikat.

Richard Nixon juga dikenal karena terlibat dalam skandal Watergate yang menyebabkan pengunduran dirinya dari jabatan pada tahun 1974.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: