Tips untuk Anda yang Kolesterol tapi Suka Makan Telur

Tips untuk Anda yang Kolesterol tapi Suka Makan Telur

Tips untuk Anda yang kolesterol tapi suka makan telur.-Pixabay/Congerdesign-

Tips untuk Anda yang Kolesterol tapi Suka Makan Telur

RADARTASIK.COM – Telur merupakan salah satu sumber protein yang kaya nutrisi, seperti karotenoid, vitamin D, B12, selenium, dan kolin.

Kehadiran telur sebagai makanan yang relatif murah membuatnya menjadi pilihan favorit banyak orang, terutama karena kemudahan dalam pengolahan.

Namun, sebagian orang seringkali menghindari konsumsi telur karena kandungan kolesterol di dalamnya. 

BACA JUGA: Kembali Ketika Berumur 18 Tahun Inilah Sinopsis Drakor 18 Again

Satu butir telur rata-rata mengandung sekitar 200 mg kolesterol, dengan mayoritas kolesterol terdapat di kuning telur. 

Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), nilai normal kolesterol dalam tubuh adalah kurang dari 200 mg/dL.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak telur yang aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu hingga dua butir telur per hari masih dianggap aman bagi orang dewasa yang sehat dengan kadar kolesterol normal dan tanpa faktor risiko penyakit jantung yang signifikan.

BACA JUGA: 5 Urutan Live Action Rurouni Kenshin yang Diadaptasi dari Manga dan Anime

Namun, sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa mengonsumsi tiga butir telur per hari dapat memengaruhi kadar LDL dan HDL serta rasio LDL-ke-HDL dalam tubuh.

Oleh karena itu, hingga saat ini, para ahli masih merekomendasikan agar penderita kolesterol tidak mengonsumsi lebih dari dua butir telur per hari. 

Bagi mereka dengan kondisi hiperkolesterol (kolesterol tinggi), batasan asupan kolesterol sebaiknya kurang dari 200 mg/dL.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi dua hingga empat telur setiap minggu dapat berkontribusi pada peningkatan asupan kolesterol dan meningkatkan risiko penyakit jantung, terutama pada orang dengan diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: