Bocoran BBM Baru Pertamina yang Akan Dijual Akhir Juli 2023

Bocoran BBM Baru Pertamina yang Akan Dijual Akhir Juli 2023

Ini bocoran BBM baru Pertamina yang akan dijual akhir Juli 2023.-Pertamina-

Bocoran BBM Baru Pertamina yang Akan Dijual Akhir Juli 2023

JAKARTA, RADARTASIK.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberi bocoran BBM Baru Pertamina yang akan dijual akhir Juli 2023.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi menyampaikan bocoran BBM baru Pertamina itu Sabtu 22 Juli 2023.

Menurut dia, bahan bakar minyak jenis bensin (Gasoline) RON 95 dengan campuran Bioetanol 5% (E5) yang dipasarkan di dalam negeri.

BACA JUGA: Pelatih Baru Persib Akan Bawa Gerbong Staf Pelatih Khusus, Siapa Mereka? Ini Kata Pengamat

Penjualan bahan bakar baru itu sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 252.K/HK.02/DJM/2023.

Keputusan itu tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin (Gasoline) RON 95 dengan Campuran Bioetanol 5% (E5) yang dipasarkan di dalam negeri.

Keputusan tersebut menetapkan dan memberlakukan ketentuan standar dan mutu minyak bensin dengan angka oktan (RON) 95 (E0) dan 5% bahan bakar nabati jenis bioetanol (E100).

"Kepdirjen ini menetapkan dan memberlakukan ketentuan standar dan mutu bensin dengan RON 95 dan campuran 5% Bioetanol,” jelasnya.

BACA JUGA: Cuma Modal Dengkul, AS Roma Sudah Datangkan 4 Pemain

“Spesifikasinya ditetapkan sesuai dengan yang tercantum pada lampiran kepdirjen tersebut. Salah satunya diatur angka oktan (RON) minimal 95," ujar Agung.

Sesuai yang ditetapkan pada kepdirjen tersebut, maka standar dan mutu (spesifikasi) bahan bakar minyak jenis bensin murni (E0) dengan angka oktan (RON) 95 mengacu pada Lampiran II Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 110.K/MG.01/DJM/2022 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin (Gasoline) RON 91 dan RON 95 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Sementara standar dan mutu Bahan Bakar Nabati (BBN) jenis Bioetanol (E100) mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Nomor 95.K/EK.05/DJE/2023 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Nabati Jenis Bioetanol Sebagai Bahan Bakar Lain yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Pada akhir bulan Juli, PT Pertamina akan meluncurkan produk BBM baru RON 95 dengan campuran Bioetanol yang berasal dari molases tebu singkong sesuai dengan Keputusan Dirjen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: