Warga Kota Banjar Cemas, Debit Air Sungai Citanduy Naik 3 Meter Lebih

Warga Kota Banjar Cemas, Debit Air Sungai Citanduy Naik 3 Meter Lebih

Warga Kota Banjar cemas, debit air Sungai Citanduy naik 3 meter lebih.-Istimewa-

Warga Kota Banjar Cemas, Debit Air Sungai Citanduy Naik 3 Meter Lebih

BANJAR, RADARTASIK.COMHujan lebat selama dua hari dua malam yang mengguyur wilayah Jawa Barat membuat debit Sungai Citanduy di Kota Banjar naik tinggi.

Kenaikan debit air Sungai Citanduy membuat warga Kota Banjar cemas. Terlebih, mereka yang tinggal di bantaran sungai yang bermuara di Kabupaten Pangandaran itu.

Kondisi ini dijelaskan Penata Teknis Unit Hidrologi Pengelolaan Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai (PSDA BBWS) Citanduy Kusnadi.

BACA JUGA: AC Milan Habisi Pemain Asal Italia, Kirim Daniel Maldini ke Empoli, Jual Marco Brescianini ke Frosinone

Dia mengatakan dampak hujan yang terus terjadi sejak Kamis hingga kini debit air Sungai Citanduy sempat meluap mencapai 3,60 meter.

”Kemarin pagi (Jumat, Red) debit air mencapai 3,60 meter, siangnya sudah agak turun menjadi 2,92 meter,” ucapnya, Sabtu 8 Juli 2023.

Meski intensitas curah hujan kecil namun luapan air dari hulu ke hilir cukup tinggi akan tetapi situasinya saat ini masih aman.

Hal itu terlihat dari marka Sungai Citanduy berada di tanda berwarna hijau. Jika air meluap ke warna biru siaga III, kuning siaga II dan merah siaga I.

BACA JUGA: Daftar Pemain Gratis dari Liga Inggris yang Cocok dengan AC Milan, Inter, dan AS Roma

”Jika luapan air mencapai tanda berwarna merah siaga I. Artinya situasi tidak aman. Namun saat ini masih aman,” tegasnya.

Tingginya luapan air Sungai Citanduy juga disebabkan adanya kiriman dari hulu dan beberapa anak sungai sehingga airnya meluap.

Situasi saat ini tidak sampai masuk ke pemukiman penduduk. Hanya saja di wilayah lain luapan justru merendam sawah milik warga.

Lanjut dia, meski intensitas curah hujan terus terjadi hingga dini hari tadi namun luapan air Sungai Citanduy tidak sampai masuk ke pemukiman warga di Kota Banjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: