Lagi, Perahu Nelayan Pamayangsari Tasikmalaya Rusak Dihantam Ombak

Lagi, Perahu Nelayan Pamayangsari Tasikmalaya Rusak Dihantam Ombak

Nelayan Pamayangsari, Tasikmalaya saat mengevakuasi bangkai perahu yang rusak akibat dihantam ombak, Kamis 06 Juli 2023. istimewa-tangkapan layar ponsel--

Lagi, Perahu Nelayan Pamayangsari Tasikmalaya Rusak Dihantam Ombak

TASIKMALAYA, RADARTASIK.COM - Lagi-lagi perahu yang sedang bersandar di Dermaga Pamayangsari, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, rusak setelah dihantam ombak.

Kali ini, ada 3 perahu nelayan yang rusak. Rinciannya, 1 perahu yang patah dan 2 yang karam akibat dihantam ombak ketika bersandar tadi pagi di Dermaga Pamayangsari.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPS) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada pukul 08.30 WIB. 

BACA JUGA:Sopir Bus Budiman Dipukul Pakai Batu Oleh Tukang Ojeg, Ini Penyebabnya

"Tadi ada 3 perahu yang terdampak dihantam ombak. Diantaranya 2 karam 1 perahu lagi rusak patah," katanya kepada radartasik.com.

Dedi menerangkan, kerusakan 3 perhau itu tak sekadar faktor alam saja, melainkan over kapasitas perahu yang bersandar di Dermaga Pamayangsari.

"Ditambah lagi adanya pendangkalan, otomatis ketika ada angin dan hujan saat itu perahu beradu satu sama lainnya, dan satu perahu rusak berat bahkan tidak bisa digunakan kembali," terangnya.

Menurut dia, di Dermaga Pamayangsari saat ini menampung 263 perahu nelayan. Seharusnya, dermaga itu sudah mengalami pelebaran dan pengerukan sedimentasi. Maka terpaksa sebagiam perahu harus disimpan di darat. 

BACA JUGA:LOGIS, Penjelasan Luis Milla Soal Skuad Persib Berangkat ke Bali Sehari Jelang Hadapi Arema FC

"Itu perahu sebagain sudah kita simpan di darat, ada sekitar 50 perahu lebih sisanya masih disimpan di air meskipun audah beberapa perahu rusak akibat over kapasitas itu," tambahnya.

Dedi menjelaskan, ombak besar yang melanda pantai selatan tersebut sudah terjadi selama seminggu ini. Bahkan beberapa nelayan sudah tidak pergi melaut. 

"Saya tidak tahu, karena prediksi ombak basar ini masih akan terjadi, begitupun sore hari. Mudah-mudahan tidak ada lagi perahu yang rusak," kata dia.

Kasat Polairud Polres Tasikmalaya, AKP Hari Sakti menuturkan, kondisi ombak besar saat ini memang sudah terjadi beberapa hari lalu. Bahkan sudah beberapa kali ada perahu yang mengalami kerusakan akibat dihantam gelombang besar di Dermaga Pamayangsari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: