Tips Mengenal Jenis Rantai Sepeda Motor dan Cara Membersihkannya

Tips Mengenal Jenis Rantai Sepeda Motor dan Cara Membersihkannya

ilustrasi cara membersihkan rantai sepeda motor.-Istimewa-

RADARTASIK.COM-Fungsi rantai sepeda motor memiliki peranan penting dalam meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sehingga, Merawat rantai sepeda motor merupakan hal yang penting untuk selalu menjaga kinerja yang optimal dan umur pakai rantai.

Meskipun tergolong mudah dalam perawatannya, rantai pada sepeda motor juga memiliki beberapa jenis.

Selain itu, membersihkan rantai juga tidak cukup hanya dengan sabun biasa seperti bagian lainnya pada sepeda motor. Karena biasanya, selalu terdapat kotoran atau oli yang sudah mengering dan sulit untuk dibersihkan.

BACA JUGA:Honda Akan Pasarkan Light Jet Terbaru, Simak Spesifikasi HondaJet 2600 Concept

Setelah dibersihkan lakukan penyetelan berkala untuk di rantai roda agar tidak kendor yang mengakibatkan rantai roda terlepas sehingga dapat membahayakan pengendara dan juga merusak komponen lainnya.

Pemilik kendaraan wajib tahu tentang tips mengenal jenis rantai sepeda motor dan cara membersihkannya, agar kendaraan yang digunakan terjaga dalam keadaan yang prima.

Pemilik kendaraan juga melakukan pemeriksaan dan penyetelan saat service di bengkel resmi atau AHASS.

Secara umum terdapat tiga jenis rantai yang digunakan pada sepeda motor, antara lain :

BACA JUGA:PERSIB Kantongi Kunci Kalahkan Arema FC, Penyerang Didikan Ajax Amsterdam: Kami Mau Menang

1. Rantai biasa memiliki bentuk komponen yang sangat umum digunakan pada sepeda motor cub dan beberapa di motor sport.

2. Rantai O-Ring memiliki bentuk yang mirip dengan rantai biasa, namun memiliki ring karet berbentuk pipih seperti seal, disebut O-Ring karena berbentuk lingkaran yang ditempatkan di antara komponen rantai untuk mencegah saling bergesekan yang menyebabkan noise seperti suara berisik dan menyimpan cairan pelumas sehingga lebih awet.

3. Rantai X-Ring, mirip dengan rantai 0-Ring dengan penempatan seal di bagian samping antara komponen rantai. Namun bedanya sealnya dipilin untuk membuatnya lebih kuat yang biasanya digunakan untuk sepeda motor berperforma tinggi.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, menjelaskan walaupun dari ketiga jenis rantai tersebut mudah untuk membersihkan dan merawatnya kurang lebih sama, yang membedakan adalah keawetannya dimana untuk rantai standar biasanya lebih cepat mengalami masalah seperti kendur, berisik dan masalah lainnya yang menyebabkan lebih cepat diganti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: